Mother&Baby Indonesia
Ini Jenis Olahraga Berdasarkan Golongan Darah Anda

Ini Jenis Olahraga Berdasarkan Golongan Darah Anda

Moms, apa golongan darah Anda? A, B, O, atau mungkin AB? Golongan darah ternyata bisa ikut menentukan diet dan jenis olahraga yang Anda lakukan lho.

Perlu diketahui, golongan darah merupakan cetak biru genetik yang unik pada setiap orang. Masing-masing golongan darah, yaitu A, B, AB, dan O, memiliki jenis antigen yang berbeda yang bereaksi pada sistem imun tubuh. Antigen merupakan sebuah zat yang merangsang respons imun, terutama dalam menghasilkan antibodi.

Dalam buku Eat Right for Your Type, dokter James D’Adamo menyebutkan bahwa setiap golongan darah telah berevolusi selama bertahun-tahun. Revolusi inilah yang menyebabkan pola makan dan jenis olahraga bagi setiap golongan darah tidak bisa diseragamkan.



Masing-masing golongan darah, memerlukan jenis olahraga yang berbeda. Dilansir Migasiana, berikut adalah olahraga yang tepat sesuai dengan golongan darah Anda, Moms.


Relaksasi bagi Golongan Darah A

Olahraga dengan intensitas tinggi dan terlalu keras akan memicu stres pada otot. Alhasil, otot justru akan mengeras dan terjadi penumpukan asam laktat. Alih-alih merasa bugar, olahraga yang terlalu berat justru berisiko meningkatkan kadar kartisol sehingga tubuh menjadi cepat lelah. Tak jarang, kondisi ini justru membuat berat badan naik dengan cepat.

Pemilik golongan darah A sebaiknya melakukan olahraga yang bisa menimbulkan efek relaksasi dan meditasi seperti yoga, tai chi, atau pilates.


Olah Napas bagi Golongan Darah B

Olahraga yang seimbang, terutama yang melibatkan latihan olah napas serta mampu meredam stres merupakan jenis latihan yang baik untuk pemilik golongan darah B. Pemilik golongan darah ini juga disarankan melakukan olahraga berkelompok. Selain menyehatkan, latihan yang dilakukan bersama teman-teman mampu menyeimbangkan tubuh dan pikiran Anda.

Pemilik golongan darah B sebaiknya melakukan olahraga seperti yoga, tenis, senam aerobik, kardio, dan angkat beban.


Ringan dan Tidak Menguras Tenaga bagi Golongan Darah AB

Jenis olahraga yang ringan serta tidak menguras tenaga merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki golongan darah AB. Olahraga berat seperti mengangkat beban atau kardio yang berintensitas tinggi akan menyebabkan orang bergolongan darah AB mengalami kram otot dan sendi.

Pemilik golongan darah AB disarankan untuk melakukan jenis olahraga seperti jalan kaki, golf, yoga, dan tai chi.




Intensitas Tinggi bagi Golongan Darah O

Berbeda dengan golongan darah A, pemilik golongan darah O justru sebaiknya melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Semakin tinggi intensitasnya, semakin membuat pemilik golongan darah ini berenergi. Pada akhirnya, olahraga yang dilakukan mampu meningkatkan pelepasan endorfin sehingga meningkatkan perasaan bahagia.

Pemilik golongan darah O sangat cocok untuk melakukan olahraga seperti renang, jogging, bersepeda, mendaki, sepakbola, dan bola basket.


Kini Moms sudah tahu olahraga seperti apa yang cocok dengan golongan darah Anda. Akan tetapi sebelum melakukan latihan, Moms perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar program diet Anda bisa berjalan dengan optimal.

1. Lakukan program latihan sesuai golongan darah secara rutin, setidaknya selama enam minggu.

2. Kombinasikan olahraga dengan asupan makanan yang sesuai dengan golongan darah.

3. Guna menghindari cedera, lakukan olahraga selama 20-30 menit per hari.

4. Sangat disarankan, Anda berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui kondisi kesehatan Anda sebelum melakukan latihan olahraga.

5. Untuk olahraga tertentu seperti yoga, pilates, tai chi, atau berenang, Anda perlu meminta bantuan instruktur sehingga bisa melakukan gerakan dengan benar dan terhindar dari cedera. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   olahraga,   golongan darah