Mother&Baby Indonesia
Tidur dengan Rambut Basah Tidak Baik untuk Kesehatan!

Tidur dengan Rambut Basah Tidak Baik untuk Kesehatan!

Moms, setelah seharian sibuk dengan berbagai aktivitas hingga menjelang malam, Anda tentunya ingin langsung beristirahat. Akan tetapi, agar bisa tidur nyenyak, Moms pasti ingin mandi dan membersihkan diri terlebih dahulu, termasuk mungkin keramas. Dengan tubuh yang bersih, tentu saja istirahat akan terasa lebih nyaman buat Anda. benar kan, Moms?

Namun, sebelum Moms terlelap dalam tidur, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa rambut Anda tidak basah lagi saat hendak berbaring di tempat tidur. Kenapa? Ternyata, membiarkan rambut tetap dalam kondisi basah saat tidur memiliki sejumlah efek yang kurang baik untuk kesehatan lho, Moms. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, Moms.




1. Sakit Kepala

Rambut yang basah bisa menyebabkan kelembapan dan membuat Anda sakit kepala. Jika Anda memutuskan untuk membungkus rambut dengan handuk, hal itu pun hanya akan membuatnya semakin parah, karena kelembapan dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih lama. Kelembapan di kepala akan berpengaruh pada sirkulasi darah di kulit kepala dan bahkan meningkatkan ketegangan yang dapat menyebabkan rasa sakit di kepala sehingga malahan mengganggu tidur Anda.


2. Alergi dan Pilek

Kelembapan yang disebabkan oleh rambut yang masih basah ketika Anda tidur bisa berakibat pada perubahan pada suhu tubuh. Perubahan suhu tubuh ini selanjutnya akan berimbas pada melemahnya sistem kekebalan tubuh Anda sehingga memicu timbulnya alergi dan pilek, karena virus dan bakteri lebih mudah menyerang dan masuk ke dalam tubuh.




3. Nyeri Otot

Perubahan suhu yang dihasilkan tubuh akibat kelembapan pada rambut Anda tidak hanya dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah di kulit kepala, tapi juga berakibat pada meningkatnya ketegangan otot tubuh. Jadi, tak usah heran jika Anda tidur dengan rambut basah, saat bangun keesokan harinya Anda bisa saja merasakan nyeri otot lho, Moms.


4. Iritasi pada Kulit Kepala

Membiarkan rambut tetap dalam keadaan basah saat tidur juga akan meningkatkan risiko iritasi pada kulit kepala karena kondisi lembap merupakan lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme untuk berkembang biak. Dilansir dari Time, Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington University, AS, mengatakan bahwa rambut basah dapat mengakibatkan iritasi kulit. Saat air di rambut menguap, hal ini bisa menyebabkan kekeringan di kulit kepala Anda dan bisa berakibat pada terjadinya iritasi.


5. Menyebabkan Rambut Rusak

Kondisi rambut yang dibiarkan basah saat Anda tidur juga akan bisa membuat rambut Anda nantinya jadi rusak lho, Moms. Rambut akan lebih mudah patah dan rontok, terutama jika Anda langsung menjepit atau menguncir rambut Anda yang masih basah. Selain itu, menurut Olga Gilbert, penata rambut di J. Russel Salon, Palm Desert California, AS, tidur dengan rambut yang masih basah juga akan berpengaruh pada keindahan rambut keesokan paginya. Rambut akan lebih sulit diatur dan tak bisa ditata, sehingga membuat Anda tak bisa tampil dengan rambut yang indah. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   rambut,   rambut basah,   tidur dengan rambut basah










Cover Mei-Juni-Juli 2020