Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Anda

Moms, Ini 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Anda

Moms, Anda mungkin pernah dengar ungkapan “dunia tak selebar daun kelor”. Ungkapan ini mengacu pada ukuran daun kelor yang memang kecil. Walaupun kecil, daun ini memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan tubuh lho, Moms.

Kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera merupakan tanaman dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan. Di Indonesia, tanaman ini umumnya digunakan sebagai pangan dan obat. Ya, tanaman ini disebut sebagai pohon sejuta manfaat, karena hampir seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan. Namun, daun kelor merupakan bagian yang tersering memberikan manfaat, misalnya dikonsumsi ibu menyusui untuk memperlancar ASI.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebut tanaman ini sebagai pohon ajaib atau miracle tree karena manfaatnya sebagai penambah kesehatan yang terjangkau di negara-negara berkembang di dunia. WHO juga menganjurkan bayi dan balita mengonsumsi daun kelor untuk menunjang tumbuh kembang mereka.



Sebagai perbandingan, setiap gram daun kelor mengandung vitamin C yang jumlahnya 7 kali lebih banyak daripada jeruk, vitamin A yang jumlahnya 4 kali lebih banyak daripada wortel, kalsium yang jumlah 4 kali lebih banyak daripada susu, dan potasium yang jumlahnya 3 kali lebih banyak daripada pisang.

Lalu, apa saja manfaat lain dari daun kelor buat kesehatan? Dikutip dari Brilio.net, berikut ini manfaat daun kelor untuk kesehatan Anda, Moms.


1. Mencukupi kebutuhan gizi

Satu cangkir daun kelor memiliki kandungan protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, vitamin A, dan juga magnesium. Moms bisa mencukupi kebutuhan gizi melalui daun kelor. Untuk mengolahnya Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk sayuran sehingga akan terasa lebih nikmat.


2. Mengatasi infeksi bakteri

Ekstrak daun kelor dipercaya membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Daun kelor mengandung bahan yang bersifat antimikrobial, sehingga mampu memusnahkan bakteri.


3. Menjaga kesehatan jantung

Ekstrak daun kelor juga berpotensi mengatasi dislipidemia, penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh. Kondisi dislipidemia terjadi saat kadar lemak dalam aliran darah terlalu tinggi atau terlalu rendah.


4. Mengatasi diabetes

Untuk Moms yang mengidap diabetes, tentu perlu hati-hati dalam memilih makanan. Kadar gula yang tidak seimbang pada pengidap diabetes ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi daun kelor lho, Moms. Daun kelor memiliki kandungan asam klorogenik yang baik untuk menjadikan gula darah menjadi stabil. Konsumsi ekstrak daun kelor secara rutin untuk mengatasi diabetes.




5. Meringankan nyeri haid

Nyeri saat haid sering mengganggu dan membuat tak nyaman. Beberapa wanita bahkan ada yang memilih untuk menggunakan obat pereda nyeri haid untuk mengatasinya. Namun, Anda bisa coba membuat segelas jus daun kelor. Daun kelor mengandung bahan alami yang bermanfaat meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.


6. Menurunkan tekanan darah

Daun kelor juga memiliki kandungan quercetin. Kandungan ini merupakan antioksidan yang bisa membantu menormalkan tekanan darah. Nah, jika Anda bermasalah dengan tekanan darah, coba saja mengonsumsi daun kelor.


7. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh kita. Jika kita tidak merawat ginjal dengan baik, maka akan berisiko terhadap berbagai penyakit seperti infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal akut, hingga penyakit ginjal kronis. Nah, salah satu manfaat daun kelor adalah membantu menjaga kesehatan ginjal.


8. Mencegah penyakit kuning

Penyakit kuning adalah kondisi menguningnya kulit dan bagian putih mata. Penyakit kuning sebenarnya merupakan sebuah tanda dari penyakit lain. Untuk solusinya, Moms bisa mengonsumsi daun kelor secara teratur. Daun ini akan memberikan efek menjadikan tubuh lebih kebal terhadap virus penyebab penyakit kuning.


9. Mengatasi penyakit kulit

Berbagai penyakit kulit dapat timbul karena kurang menjaga kebersihan tubuh. Kandungan antiseptik yang dimiliki daun kelor ampuh membunuh bakteri penyebab penyakit kulit. Jika kamu mengalami hal serupa, coba gunakan masker atau kompres daun kelor untuk mengurangi efek gatal dan pedih akibat penyakit kulit.


10. Baik untuk wanita menopause

Cobalah untuk mengonsumsi daun kelor, karena bisa membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang mengalami menopause. Hal ini sangat penting, karena pada wanita yang sudah mengalami menopause kadar antioksidan di dalam tubuh akan menurun. Kondisi ini terjadi akibat berkurangnya produksi hormon estrogen. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   daun kelor










Cover April 2020