Mother&Baby Indonesia
Berbagi Makna Kehidupan dengan Anak Lewat Mendongeng

Berbagi Makna Kehidupan dengan Anak Lewat Mendongeng

Mengajarkan Si Kecil tentang banyak hal memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Apalagi perbendaharaan katanya yang masih sedikit, membuat Anda sebagai orang tua harus memilih kata dan kalimat yang dapat dimengerti anak dengan baik.

Salah satu cara yang masih menjadi tradisi turun-temurun saat ini adalah mendongeng. Ada banyak dongeng dari tanah air atau negara lain yang memiliki pesan moral tersendiri dan mengandung bahasa yang mudah dipahami anak sehingga mereka bisa meresapinya dengan baik.

Bahkan, mendongeng sendiri memiliki manfaat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil menjadi lebih optimal. Hal ini disampaikan oleh Orrisa Anggita Rinjani, M.Psi., Psi., Psikolog Pendidikan sekaligus Co-Founder dari lembaga pembelajaran Rumah Dandelion.



“Selain mendidik dan menghibur, mendongeng juga punya banyak dampak baik bagi perkembangan kesehatan kognitif Si Kecil. Tak hanya itu, mendongeng juga meningkatkan bonding antara orang tua dengan anaknya,” jelas Orissa, dalam talk show “Manfaat Mendongeng untuk Anak”, persembahan Mother&Baby dan NIVEA, di Allianz Ecopark Ancol (21/12).

Dalam talk show ini, para Moms juga menjadi lebih tahu bahwa mendongeng memang harus sesuai dengan karakter dan minat anak. Tak apa menceritakan satu dongeng yang sama berulang-ulang, karena ini menjadi tahap awal Si Kecil semakin menyukai kegiatan membaca dan memperkaya perbendaharaan kata di otaknya.


Bermain di Dunia Imajinasi




Selain berbincang seru, para Moms dan Si Kecil yang ikut serta dalam MB Club kali ini juga diajak bermain di NIVEA #SentuhanIbu World of Imagination. Di dalamnya terdapat empat wahana seru yang terbagi dalam Dunia Hutan, Dunia Air, Dunia Pasir, dan Dunia Angin.

Dari keempat wahana ini, anak bisa belajar banyak, salah satunya adalah melatih keberanian dan kepercayaan diri ketika mereka bermain. Playground interaktif ini juga memiliki karakter unik masing-masing, yang sangat seru ketika bermain bersama seluruh anggota keluarga.

“Fokus utama dari NIVEA #SentuhanIbu adalah untuk menciptakan momen yang dapat mempererat ikatan emosi ibu dan anak, salah satunya dengan menumbuhkan daya imajinasi anak,” kata Brigitta Dewi Pricillia selaku Brand Executive NIVEA Body and Creme.

Jadi, peran ibu tak hanya memberikan sentuhan lembut pada kulit Si Kecil, tetapi juga memperkuat daya imajinasinya. Anak pun akan merasa lebih nyaman dan tenang, terutama saat mendengarkan dongeng penuh makna yang Anda bacakan untuknya setiap hari. (Vonia Lucky/SW/Dok. M&B)



Tags: anak,   balita,   dongeng,   manfaat dongeng,   mendongeng untuk anak,   nivea










Cover Mei-Juni-Juli 2020