Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Si Kecil Makan Sambil Main Gadget?

Bolehkah Si Kecil Makan Sambil Main Gadget?

Memberi makan Si Kecil mungkin bisa menjadi hal yang menantang bagi sebagian orang tua. Bagaimana tidak, Anda mungkin harus menghadapi momen ketika anak menolak untuk disuapi, atau ia terlalu lama mengemut makanannya, bahkan mungkin ia melakukan gerakan tutup mulut atau GTM.

Bila hal tersebut terjadi, terkadang memberikan akses penggunaan gadget atau membiarkan Si Kecil makan sambil main gadget merupakan salah satu cara ampuh agar Si Kecil mau makan. Padahal, bila dibiasakan, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Si Kecil lho, Moms.




Dampak Buruk Makan Sambil Main Gadget buat Anak

Menurut dr. Cut Nurul Hafifah, Sp. A, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah, membiarkan Si Kecil makan sambil bermain gadget merupakan hal yang tidak disarankan, karena adanya gadget bisa menjadi distraksi pada saat Si Kecil sedang makan.

“Waktu makan adalah salah satu waktu Si Kecil untuk belajar bereksplorasi dengan makanan dan melatih kemampuan motorik halus dan oromotornya. Adanya gadget akan menjadi distraksi yang membuat Si Kecil kehilangan konsentrasi terhadap makanan dan lebih senang bermain gadget,” ungkap dr. Nurul.

Selain menjadi distraksi saat Si Kecil sedang makan, membiarkannya makan sambil bermain gadget bisa menyebabkan risiko obesitas. Dokter Nurul mengatakan banyak penelitian yang mengaitkan antara bermain gadget dengan obesitas.

“Selain karena mengurangi waktu Si Kecil untuk bermain secara aktif, bermain gadget juga membuat anak tidak fokus pada proses makan, dan seringkali Si Kecil disuapi hingga lebih dari 30 menit. Kebiasaan ini membuat Si Kecil tidak mengerti konsep lapar dan kenyang,” jelasnya



Di samping itu, saat melihat tayangan pada gadget yang diselingi oleh iklan makanan yang tidak sehat, hal ini bukan tidak mungkin malah bisa menarik perhatian Si Kecil, sehingga ia bisa saja menolak makanan yang Moms sajikan.


Agar Makan Sambil Main Gadget Tak Menjadi Kebiasaan

Bila Si Kecil sudah terbiasa makan sambil bermain gadget, mungkin agak sulit bagi Moms untuk mengurangi kebiasaan yang kurang baik ini. Nah sebelum hal ini menjadi kebiasaan baginya dr. Nurul mengatakan langkah utama agar Si Kecil tidak makan sambil bermain gadget adalah jangan memulai kebiasaan tersebut.

“Bila Si Kecil sejak awal tidak dibiasakan makan sambil bermain gadget maka ia juga tidak akan ketergantungan terhadap gadget di waktu makan,” tegasnya.

Bila Moms sudah terlanjur melakukan praktik membiarkan Si Kecil makan sambil main gadget, maka Anda bisa memberikan penjelasan kepada Si Kecil bahwa ia harus menyelesaikan makanannya terlebih dahulu, baru setelah itu diizinkan bermain gadget lagi.

Jangan lupa untuk membatasi waktu bermain gadget pada anak usia dua tahun ke atas selama dua jam sehari. Sedangkan untuk anak berusia di bawah dua tahun sebaiknya tidak diberikan gadget sama sekali ya, Moms. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik, RS Pondok Indah – Pondok Indah)



Tags: anak,   balita,   makan sambil main gadget,   main gadget,   balita makan