Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Asing untuk Balita

Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Asing untuk Balita

Di era globalisasi ini, menguasai bahasa asing jadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga sudah banyak dikenalkan pada bahasa asing.

Memahami bahasa asing sejak dini sangat penting, agar Si Kecil memiliki bekal masa depan yang lebih baik, Moms. Sebuah studi di Amerika Serikat mengungkapkan, sejak lahir bayi sudah bisa diajarkan 2 bahasa (bilingual).

Pendapat senada juga diungkapkan oleh Barbara Z. Pearson, penulis buku Raising a Bilingual Child. Menurutnya, usia ideal untuk mengajarkan anak bahasa ke-2 adalah pada usia 0-10 tahun. Namun, sebaiknya di masa 2 tahun pertama perkenalkan 1 bahasa dahulu pada Si Kecil untuk menghindari gangguan bicara dan bahasa. Jika setelah usia 2 tahun anak sudah pandai berbicara bahasa Indonesia dan menguasai cukup kosa kata dalam bahasa Indonesia, Anda bisa mulai mengajarkan bahasa asing padanya.



Untuk mengenalkan Si Kecil pada bahasa asing, tak jarang orang tua merasa perlu memasukkan anak mereka ke tempat kursus bahasa asing. Berikut beberapa rekomendasi M&B untuk tempat kursus bahasa asing buat balita Anda, Moms.


1. English First (EF)

Lembaga ini terkenal sebagai pusat pendidikan bahasa Inggris. Untuk anak-anak, EF memiliki program bernama Small Stars, program bahasa Inggris yang inovatif dan terstruktur dari EF, dirancang khusus untuk anak usia 3 sampai 6 tahun. Di sini, Si Kecil akan belajar mengikuti salah satu dari empat buku kursus yang menyenangkan dan mendapatkan permulaan untuk belajar bahasa Inggris dengan percaya diri sambil mengembangkan keterampilan sosial dan kognitif mereka secara umum.

Materi kursus EF yang inovatif mencakup keterampilan penting dalam mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Anak-anak juga akan belajar bahasa Inggris dalam suasana yang menyenangkan dan mendalam melalui kegiatan Life Club yang diadakan setiap minggunya, sehingga anak-anak dapat melatih kemampuan bahasa Inggris mereka dalam kehidupan nyata. Lagu, video, boneka, flash card, dan layar sentuh interaktif digunakan sebagai alat bantu yang menambah variasi belajar di kelas.


2. International Language Programs (ILP)

Sebagai salah satu lembaga pendidikan bahasa asing ternama, ILP juga memiliki program belajar bahasa Inggris untuk anak, yaitu 3 to 6 Toddler Childhood Education Centre, yang terbagi atas Mini Star (3-4 tahun), Little Star (4-5 tahun), dan Super Star (5-6 tahun). Program Mini Star merupakan program awal di mana anak mulai diperkenalkan pada konsep emergent skills (membaca, menulis, motorik, dan interaksi sosial) yang mulai timbul pada anak. Hal ini akan membantu dan mempercepat perkembangan anak dalam segala bidang pembelajaran.

Sedangkan Little Star adalah program lanjutan dari Mini Star, dengan pengajaran mulai terfokus pada pola pikir kritis dan kreatif, pengembangan kemampuan pengarahan visual, membangun kepercayaan diri, pengembangan kemampuan panca indra, konsentrasi dan disiplin. Pada program ini anak juga akan diajarkan kemampuan leksikal dasar yang dipakai sehari-hari oleh masyarakat dan kategori-kategorinya.



Adapun Super Star adalah program akhir untuk anak usia dini yang ditawarkan. Program ini akan lebih meningkatkan kemampuan anak dalam aspek sosialisasi, emosi, kreativitas, motorik, dan kognitif fisik. Pondasi-pondasi Bahasa Inggris akan dibina agar anak siap untuk diajarkan penggunaan bahasa yang lebih kompleks.


3. Snowy English

Tempat kursus bahasa Inggris yang berlokasi di daerah Bintaro ini punya program belajar bahasa Inggris untuk usia dini yang dirancang khusus bagi anak-anak berusia 2-6 tahun untuk memperkenalkan bahasa Inggris dan untuk mengembangkan keterampilan kognitif, kinestetik, bahasa, kreativitas dan keterampilan sosial dalam lingkungan yang ramah dan menyenangkan.

Ada dua program yang ditawarkan, yakni Baby Snowy dan Snowy English Level 1,2,3. Baby Snowy disediakan untuk anak usia 2-3 tahun yang merupakan kelas persiapan untuk masuk program berikutnya, Snowy Level 1.

Kurikulumnya berasal dari Inggris dan telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengembangan keterampilan linguistik, sosio-emosional dan kemampuan kognitif anak-anak. Pengajarannya menggunakan bahan multimedia berkualitas tinggi termasuk iTools, DVD, latihan online dan papan tulis interaktif.


4. Beijing Language & Culture Institute (BLCI)

Tidak hanya bahasa Inggris, banyak juga orang tua yang mulai mengenalkan anak-anak mereka pada bahasa Mandarin. Jika Moms tertarik, Anda bisa masukkan Si Kecil ke BLCI. Mereka memiliki kelas anak-anak yang diperuntukkan untuk anak mulai dari usia 4 tahun, dari tingkat TK dan SD. Kelas ini diajar oleh guru native speaker yang berpengalaman dengan materi pengajaran menggunakan kurikulum dari Singapura yang dipakai oleh international school.

Selama program, Si Kecil akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, antara lain menyanyi, menonton kartun VCD berbahasa Mandarin, melukis, serta berbagai game lain agar anak bisa menyukai suasana belajar dan lebih mencintai bahasa Mandarin. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   bahasa asing,   bahasa inggris,   kursus bahasa,   tempat kursus bahasa anak








Cover Januari - Februari 2020