Mother&Baby Indonesia
Anak Bisa Kecanduan Gula! Kenali 5 Tandanya, Moms

Anak Bisa Kecanduan Gula! Kenali 5 Tandanya, Moms

Bukan hal yang aneh jika balita sangat menyukai makanan manis. Permen, cokelat, dan berbagai macam makanan atau minuman manis tentu saja menjadi makanan favorit bagi Si Kecil. Belum lagi sekarang sedang ngetren aneka minuman serba boba (topping minuman yang terbuat dari tepung tapioka dan gula merah) yang ditambahkan ke dalam minuman manis. Wah, tak terbayang kan, berapa banyak gula yang dikonsumsi anak hanya dalam 1 gelas minuman tersebut.

Kalau sudah terlalu sering menikmati makanan atau minuman serba manis seperti ini, lama-lama Si Kecil bisa kecanduan gula lho, Moms! Tidak percaya? Simak beberapa tanda anak kecanduan gula di bawah ini.




1. Sering Tantrum

Dokter Kathleen DesMaisons, penulis buku Little Sugar Addicts, menulis untuk laman Hello Motherhood dan mengatakan kalau salah satu ciri anak yang kecanduan gula adalah ia akan mudah mengalami tantrum. Lucunya, beberapa masalah sikap (seperti mudah tantrum, rendah diri atau minder, dan mudah rewel) akan hilang jika anak sudah mengonsumsi gula. Itu artinya, jika anak tidak mendapatkan asupan gula berlebih, maka ia akan mudah tantrum. Menyeramkan ya, Moms.


2. Mood Swing

Mungkin ini terdengar berlebihan bagi Anda, namun itulah yang mungkin saja terjadi jika anak sudah kecanduan gula. Seperti yang disampaikan dr. Kathleen, anak yang kecanduan gula umumnya mengalami masalah sikap, salah satunya mood swing (perubahan mood secara mendadak).




3. Mudah Lelah

Ya, mengonsumsi gula memang dapat memberikan tambahan energi yang akan membuat tubuh Si Kecil menjadi lebih aktif. Namun mengonsumsi terlalu banyak gula justru dapat memberikan efek samping, salah satunya Si Kecil akan jadi mudah lelah lho, Moms.


4. Semakin ‘Gila’ Gula

Salah satu tanda paling mudah melihat apakah Si Kecil kecanduan gula atau tidak adalah ia kuat mengonsumsi banyak sekali makanan atau minuman manis yang kaya gula, hingga Anda akan terheran-heran melihatnya. Ya, semakin ia kecanduan gula, maka semakin tinggi juga kebutuhan tubuhnya akan gula, Moms.


5. Gampang Sakit

Tahukah Moms kalau membiarkan anak mengonsumsi terlalu banyak gula sama saja dengan melemahkan daya tahan tubuh Si Kecil. Kalau anak sudah kecanduan gula, ia pasti akan jadi lebih mudah sakit dan lebih rentan dengan beberapa penyakit yang sering menyerang anak, seperti influenza, batuk, dan pilek. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   kesehatan,   gula,   anak kecanduan gula








Cover Maret 2020