Mother&Baby Indonesia
Makanan yang Berguna untuk Penambah Nafsu Makan Balita

Makanan yang Berguna untuk Penambah Nafsu Makan Balita

Moms, Anda mungkin salah satu orang tua yang pernah mengalami momen dimana anak sulit makan atau nafsu makannya berkurang. Padahal asupan nutrisi yang lengkap sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil. Jika nafsu makan anak berkurang, bukan tidak mungkin ia akan jadi kurang berenergi dan rentan terkena penyakit.

Memang, ada sejumlah alasan di balik menurunnya nafsu makan anak, misalnya karena Si Kecil mengalami sakit yang menyebabkannya enggan makan, seperti menderita radang tenggorokan, sariawan, batuk dan pilek, atau demam. Jika bukan sakit, kebiasaan mengemil Si Kecil mendekati waktu makan juga bisa membuatnya kehilangan selera makan saat waktu makan tiba.

Sebenarnya, Moms tidak perlu merasa cemas jika nafsu makan anak berkurang, selama ia masih tetap sehat dan aktif. Namun, jika Moms merasa perlu meningkatkan nafsu makan anak agar ia kembali berselera dan mau makan dengan lahap, Anda bisa memberi Si Kecil makanan berikut guna membuat nafsu makannya meningkat.



Baca juga: Kata-Kata Ampuh untuk Membujuk Anak Mau Makan


1. Temulawak

Sejak dahulu, temulawak memang menjadi solusi para orang tua jika anak mereka mengalami susah makan, atau berat badan anak tak kunjung bertambah. Temulawak memang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak, meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan kaitan langsung antara tanaman ini dan fungsinya dalam meningkatkan nafsu makan anak. Bahkan, kini banyak vitamin yang mengandung temulawak beredar di pasaran.

Hal ini disebabkan adanya zat aktif curcumin (zat berwarna kuning) di dalam temulawak yang bisa meningkatkan aktivitas enzim pencernaan sehingga akan menambah nafsu makan anak. Selain itu, curcumin yang terdapat dalam temulawak memiliki zat analgesik, antiinflamasi, dan antioksidan. Kandungan yang dimilikinya tersebut bisa berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh dalam menghalau berbagai macam penyakit.

Baca juga: Benarkah Temulawak dapat Menambah Nafsu Makan Anak?


2. Jahe

Jahe tidak hanya membantu menghangatkan tubuh dan memperkuat rasa makanan, namun juga efektif untuk meningkatkan nafsu makan anak lho, Moms. Pasalnya, jahe bisa menghilangkan rasa mual yang bisa menjadi alasan di balik sulitnya anak makan.



Meskipun demikian, umumnya balita tidak menyukai rasa jahe. Karena itu, Moms mesti menyiasatinya dengan cara mencampurkan jahe dengan bahan makanan lainnya, misalnya dicampur dengan madu atau dicampur dengan buah-buahan yang akan dibuat menjadi jus.


3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau kacang mede merupakan sumber zinc yang sangat baik. Zat ini bisa membantu melancarkan pencernaan sehingga meningkatkan selera makan anak. Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki zat gizi yang baik untuk pertumbuhan anak.

Walaupun begitu, Anda perlu perhatikan apakah Si Kecil alergi atau tidak dengan kacang-kacangan ya, Moms. Jika tidak, Anda bisa memberikannya untuk menambah nafsu makan Si Kecil.


4. Wortel

Anda bisa membuat wortel dalam bentuk jus untuk disuguhkan pada anak. Segelas jus wortel segar sebelum makan bisa menambah nafsu makan karena fungsinya meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, wortel sudah terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Si Kecil, Moms.


5. Yoghurt

Yoghurt memiliki prebiotik yang fungsinya seperti serat nabati. Prebiotik berfungsi sebagai penyeimbang bakteri, khususnya bakteri baik tersebut, di dalam tubuh. Selain itu, makanan ini juga mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles. Bakteri baik ini dapat menjaga imunitas, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan melancarkan pencernaan. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   nafsu makan anak,   anak susah makan,   balita susah makan








Cover Januari - Februari 2020