Mother&Baby Indonesia
Yuk, Bacakan Dongeng untuk Anak, Moms! Ini Manfaatnya

Yuk, Bacakan Dongeng untuk Anak, Moms! Ini Manfaatnya

Moms, pernahkah Anda mengalami masa ketika Si Kecil tidak mau tidur dan masih menunggu Anda pulang dari kantor, padahal hari sudah larut malam, hanya demi mendengar dongeng Anda? Meskipun klasik, kebiasaan mendongeng sebelum tidur menjadi satu hal yang dinantikan Si Kecil.

Sayangnya, kebiasaan mendongeng untuk Si Kecil semakin hari semakin ditinggalkan. Karena berbagai alasan, kini sepertinya tidak banyak orang tua yang masih membacakan dongeng untuk anak mereka. Padahal, mendongeng memiliki banyak manfaat untuk orang tua dan anak lho, Moms.

Apalagi di zaman canggih kini, aktivitas mendongeng untuk anak bisa diwujudkan lewat beragam cara. Jika dulu, Moms mungkin hanya bercerita dengan tutur kata atau membacakan buku cerita, kini ada banyak aplikasi dongeng anak yang bisa Anda unduh. Dengan hadirnya teknologi digital, orang tua semakin terbantu dalam mendongeng untuk anak-anak mereka.




Manfaat Dongeng untuk Anak

Sesungguhnya, dongeng bukan sekadar cerita pengantar tidur lho, Moms. Ada banyak manfaat yang bisa didapat Si Kecil dari mendengarkan dongeng yang Anda bacakan untuknya. Mendongeng merupakan sebuah proses stimulasi yang menyenangkan bagi Si Kecil. Membacakan dongeng juga dapat membantu mempererat hubungan orang tua dengan anak sambil menanamkan nilai-nilai moral yang positif bagi pembentukan karakter Si Kecil.

Tidak hanya membuat hubungan orang tua dan anak jadi lebih harmonis, mendongeng juga memiliki banyak manfaat lainnya, Moms. Berikut ini beberapa manfaat membacakan dongeng untuk Si Kecil.

1. Mengembangkan Imajinasi

Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan imajinasi. Imajinasi bisa membantu anak berpikir kreatif. Saat mendengarkan dongeng, Si Kecil akan mengembangkan imajinasinya untuk membayangkan dongeng tersebut.

2. Membangkitkan Minat Baca

Membacakan dongeng kepada Si Kecil menjadi pilihan yang menarik jika Anda ingin memulai membiasakan anak untuk gemar membaca buku. Dengan membacakan sebuah cerita, seringkali Si Kecil kemudian jadi tertarik untuk mengetahui dongeng yang lain atau bahkan membaca sendiri dongeng yang sudah Anda ceritakan. Ini bisa menjadi modal untuk memperkenalkan buku dan menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini.

3. Melatih Daya Ingat

Balita memiliki daya ingat yang sangat tinggi. Anda bisa manfaatkan aktivitas mendongeng untuk melatih daya ingat Si Kecil dengan cara menanyakan kembali beberapa poin dari cerita yang sudah dibacakan. Kadang anak juga kerap meminta dibacakan dongeng yang sama beberapa kali, karena ia sedang melatih daya ingatnya. Kesempatan ini bisa Moms gunakan untuk meminta Si Kecil menceritakan kembali dongeng yang ia sudah sering dengar itu. Anda pasti akan takjub dengan daya ingat Si Kecil dalam menceritakan kembali dongeng tersebut, Moms.



4. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa

Dengan membacakan anak sebuah cerita, Moms sekaligus membantu mengembangkan kemampuannya dalam berbahasa, karena ia jadi mengenal banyak kosakata baru. Kata-kata dan bahasa positif yang ada di dalam sebuah buku cerita juga bisa membuat anak memiliki tutur kata yang juga positif.

5. Menanamkan Etika dan Nilai-Nilai Kehidupan

Melalui berbagai karakter yang ada dalam dongeng, Si Kecil bisa belajar berbagai nilai kehidupan, seperti jujur, rendah hati, serta saling menolong. Mendongeng jadi momen buat Moms menanamkan etika dan nilai-nilai baik dalam kehidupan yang akan berguna baginya.

Nah, agar aktivitas mendongeng menjadi semakin menarik bagi Si Kecil, Moms bisa mendongeng dengan bernyanyi, menari, dan berakting. Kombinasikan dongeng dengan berbagai hal yang Anda dan Si Kecil sukai. Jangan lupa juga hadirkan #SentuhanIbu agar dongeng semakin berkesan.


World of Imagination

Selain mendongeng, Moms juga bisa ajak Si Kecil berpetualang seru untuk mengembangkan imajinasinya. Dalam rangka Hari Ibu, NIVEA #SentuhanIbu mempersembahkan World of Imagination, taman bermain interaktif dengan 4 tema dunia yang berbeda. Di sini Moms dan Si Kecil bisa menjelajahi petualangan dongeng yang mengombinasikan antara taman bermain dan digitalisasi di mana dapat menghidupkan imajinasi anak dan mempererat bonding Moms dan Si Kecil.

Ada permainan apa saja di NIVEA #SentuhanIbu World of Imagination? Moms bisa ajak Si Kecil berpetualang memasuki 4 dunia berbeda, yaitu Dunia Hutan, Dunia Angin, Dunia Pasir, dan Dunia Air. Semuanya akan memuaskan rasa ingin tahu dan imajinasi Si Kecil.

Tertarik mengajak balita Anda ke NIVEA #SentuhanIbu World of Imagination pada 21-22 Desember di Allianz Ecopark Ancol? Moms bisa beli tiketnya di sini. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   dongeng,   manfaat dongeng,   nivea,   world of imagination