Mother&Baby Indonesia
Cara Mudah Membuat Anak Menyukai Minum Susu

Cara Mudah Membuat Anak Menyukai Minum Susu

Pemberian susu sangat penting untuk pertumbuhan anak. Selain memenuhi kebutuhan kalsium untuk kesehatan tulang, kandungan lainnya juga membantu tumbuh kembang Si Kecil menjadi lebih optimal. Ya, susu memang menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang seorang anak.

Meskipun begitu, terkadang Moms mungkin mengalami kesulitan agar Si Kecil mau minum susu sapi. Tak sedikit anak yang selalu menolak minum susu. Untuk mengatasinya, berikut sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat Si Kecil suka dan terbiasa minum susu.




1. Tunggu sampai anak berumur minimal 1 tahun

Susu sapi memiliki kandungan yang lebih berat daripada ASI, karena itu akan lebih sulit dicerna oleh sistem pencernaan Si Kecil yang masih sensitif. Selain itu, protein dan mineral yang terkandung dalam susu murni juga bisa memberi beban pada ginjal Si Kecil sehingga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan baginya.

Untuk itu, Moms sebaiknya menunggu hingga anak berumur minimal 1 tahun untuk bisa mengenalkannya pada susu. Di usia tersebut, sistem pencernaan Si Kecil sudah berkembang dengan lebih sempurna. Di umur ini juga Si Kecil membutuhkan asupan tambahan selain ASI. Susu sapi mengandung kalori dan lemak yang bisa menunjang tumbuh kembang anak yang optimal.


2. Tentukan jenis susu

Sebelum mengenalkan Si Kecil pada susu, ada baiknya jika Moms berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai hal ini. Cek juga apakah anak Anda memiliki alergi susu atau lactose intolerant. Jika ya, maka Moms harus mengganti jenis susunya, misalnya dengan susu berbahan dasar kedelai. Atau jika Si Kecil memiliki berat badan di atas rata-rata, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberinya susu rendah lemak. Apa pun yang hendak Anda putuskan, alangkah baiknya jika dikonsultasikan lebih dulu pada dokter ya, Moms.


3. Gunakan susu sebagai pelengkap makanan lain

Untuk membuat Si Kecil mau minum susu, Moms bisa mencampurkan susu dengan makanannya, misalnya dengan sereal untuk sarapan di pagi hari, bisa juga dengan menyediakan biskuit atau kue sebagai kudapan sore untuk menambah rasa sukanya pada susu. Dengan begitu ia akan belajar terbiasa dengan susu murni tanpa menyadarinya.




4. Gunakan peralatan minum yang menarik

Moms bisa membelikan gelas yang berwarna-warni serta memiliki bentuk yang unik. Bisa juga dengan memberikan gelas bergambar karakter atau kartun favoritnya. Selain gelas, Anda juga bisa memberikan perlengkapan tambahan lain untuk temannya menikmati susu, seperti sedotan atau sendok pada sajian susunya. Hal ini akan membuat Si Kecil memiliki pengalaman yang berbeda setiap dirinya minum susu.


5. Perlihatkan kebiasaan yang sama

Tunjukkan bahwa Anda, suami, dan anggota keluarga lainnya juga penikmat susu. Moms bisa menunjukkannya setiap hari untuk membuat Si Kecil juga menyukai susu. Dengan begitu, ia akan merasa bahwa minum susu adalah kegiatan yang normal dilakukan setiap hari.


6. Berikan alternatif

Anak yang tidak mengonsumsi susu sapi cenderung mengalami kekurangan vitamin D. Namun, jika segala cara telah Moms lakukan namun Si Kecil masih menolak minum susu sapi, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan makanan yang kaya akan vitamin D, kalsium, serta protein. Contoh makanan yang kaya akan vitamin D antara lain adalah bayam, brokoli, produk olahan kedelai, ikan salmon, tuna, sarden, dan telur. Sementara contoh makanan yang kaya akan kalsium misalnya keju atau yoghurt. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   susu,   anak minum susu,   anak suka susu