Mother&Baby Indonesia
Dongeng #SentuhanIbu: Si Kancil Versus Siput

Dongeng #SentuhanIbu: Si Kancil Versus Siput

Di sebuah hutan rimba yang asri, hiduplah seekor kancil yang senang berlari-lari. Si Kancil adalah binatang yang tidak bisa diam, namun tidak memiliki banyak teman karena ia dikenal sombong dan licik.

Pada suatu siang yang terik, Kancil memutuskan untuk beristirahat sejenak di bawah pohon besar nan rindang. Angin bertiup sepoi-sepoi hingga membuat Kancil mengantuk. Nah, untuk mengusir rasa kantuk tersebut, Kancil pun memilih untuk berjalan-jalan mengelilingi hutan.

Sambil berjalan santai, Kancil yang sombong berkata, “Siapa di hutan ini yang tidak mengenalku. Aku Kancil, hewan paling cerdik, paling cepat, dan paling tak kenal lelah di hutan ini.”



Namun setelah berjalan cukup jauh, Kancil mulai kehausan. Kebetulan ia sudah tak jauh dari sungai, dan ia pun bergegas ke tepi sungai untuk minum. Sambil melihat bayangan dirinya di air, Kancil yang sombong pun bergumam, “Aku tak hanya cerdik, wajahku juga menawan. Lihat saja bayanganku di air, semua binatang pasti mau memiliki wajah sepertiku.”

Rupanya Kancil tak sadar kalau di dekatnya ada Si Siput, yang sejak tadi memperhatikan Si Kancil. Lalu Siput pun berkata, “Hei Kancil, kenapa kau minum sambil berbicara sendiri? pasti kau sedang gembira, ya?”

Mendengar suara siput, Kancil pun kaget. Ia lalu mulai mencari-cari suara siapa yang menegurnya barusan. “Oh, ternyata kau yang mengajakku berbicara, seekor siput kecil dan lelet. Sedang apa kau di sana? Meratapi dirimu yang tidak bisa berlari secepat diriku, ya?”

Siput tak menyangka dengan jawaban Si Kancil yang sangat menghina. Siput pun menjawab Si Kancil, “Hei Kancil yang sombong! Aku tahu kau memang terkenal cerdik dan cepat, sedangkan aku adalah binatang yang terkenal lamban. Namun kali ini perkataanmu sangat keterlaluan, aku marah mendengarnya! Untuk itu, aku menantangmu lomba lari, berani?”

“Hahaha... Kau? Hewan kecil dan lelet, menantangku lomba lari? Ayo! Kau pasti akan kalah!” ujar Kancil penuh percaya diri. Berita ini pun menyebar cepat ke telinga seluruh penghuni rimba, mereka tak sabar ingin melihat pertandingan ini.

Sehari setelah itu, Kancil dan Siput sudah siap di garis awal. Dalam hitungan 1, 2, 3, lomba lari pun dimulai. Kancil berlari penuh percaya diri, namun setelah berlari kencang, ia melihat Siput sudah ada di depannya. “Ah tak mungkin! Aku harus berlari lebih kencang.”

Namun Kancil melihat Siput sudah berada di depannya lagi. Semakin kencang Kancil berlari, semakin cepat juga Siput ada di depannya. Ini terus terjadi sampai Kancil melihat Siput sudah ada di garis akhir, dan Kancil pun kalah lomba lari melawan Siput.

Rupanya siput-siput lain telah membuat taktik jitu untuk mengelabui Kancil. Sehingga ketika Kancil mendekat, siput lain keluar dari persembunyiannya dan berada beberapa langkah di depan Kancil.



“Bagaimana kau bisa menang melawanku?” tanya Kancil kelelahan.

“Sudahlah Kancil, aku saja kekalahanmu. Aku tidak ingin hadiah apa-apa darimu, aku hanya ingin kau tahu, bahwa janganlah kau sombong dengan segala kelebihan yang kau miliki. Semua makhluk hidup punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka kita tidak boleh sombong dan saling menghina,” ujar Siput bijak.

Setelah itu Siput kembali menyelam ke dalam sungai, dan Kancil sendirian menanggung malu dan penyesalan. Sejak saat itu, Kancil berjanji tak akan sombong dan menghina makhluk lain.


NIVEA #SentuhanIbu World of Imagination


Selain mendongeng, Moms juga bisa ajak Si Kecil berpetualang seru untuk mengembangkan imajinasinya. Dalam rangka Hari Ibu, NIVEA #SentuhanIbu mempersembahkan World of Imagination, taman bermain interaktif dengan 4 tema dunia yang berbeda. Di sini Moms dan Si Kecil bisa menjelajahi petualangan dongeng yang mengombinasikan antara taman bermain dan digitalisasi di mana dapat menghidupkan imajinasi anak dan mempererat bonding Moms dan Si Kecil.

Ada permainan apa saja di NIVEA #SentuhanIbu World of Imagination? Moms bisa ajak Si Kecil berpetualang memasuki 4 dunia berbeda, yaitu Dunia Hutan, Dunia Angin, Dunia Pasir, dan Dunia Air. Semuanya akan memuaskan rasa ingin tahu dan imajinasi Si Kecil.

Tertarik mengajak balita Anda ke NIVEA #SentuhanIbu World of Imagination pada 21-22 Desember di Allianz Ecopark Ancol? Moms bisa beli tiketnya di sini. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. M&B)



Tags: anak,   balita,   dongeng,   dongeng #sentuhanibu,   nivea,   world of imagination








Cover Maret 2020