Mother&Baby Indonesia
Bayi Anda Senang Main Kotor? Boleh Saja Kok, Asalkan…

Bayi Anda Senang Main Kotor? Boleh Saja Kok, Asalkan…

Si Kecil suka bermain di taman dan mengaduk-aduk tanah dengan asyiknya? Jika ya, biarkan ia berkreasi dan mengenal alam dari dekat. Selama dalam pengawasan Anda, ia akan aman, kok. Tapi tentu saja ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Si Kecil berlepotan lumpur atau tanah ya, Moms.


Noda Kotor Mudah Dihilangkan dari Tubuh Si Kecil

Apa reaksi Anda ketika melihat Si Kecil duduk tanpa alas di rumput yang basah dan asyik bermain bersama kakak atau teman sebayanya? Kebanyakan dari Anda akan melarang dan langsung menggendongnya, bukan? Padahal bayi yang dipaksa untuk menyudahi keasyikan mereka “bergumul” di tanah dan hanya menjadi penonton permainan seru orang lain memang akan selalu bersih, tetapi sebenarnya ia tidak senang.



Menurut buku What to Expect The First Year, sebenarnya Anda tidak usah terlalu keras dan takut pada noda-noda yang mungkin mengotori pakaian atau tubuh Si Kecil, karena pada dasarnya, tubuh anak-anak mudah untuk dibersihkan.

Tanah yang lengket sekalipun dapat mudah dibersihkan dengan tisu basah non-alkohol yang boleh digunakan untuk bayi. Namun jika Anda merasa Si Kecil belum benar-benar bersih, segera mandikan ia, sabuni, dan gosok perlahan seluruh bagian tubuhnya hingga seluruh kotoran yang menempel segera hilang.


Yang Perlu Moms Perhatikan saat Anak Bermain Kotor di Luar

Tidak bisa dipungkiri, kemungkinan bayi Anda akan tergores benda tajam atau ranting yang berserakan di tanah pasti akan ada. Untuk mencegah acara bermain yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi penuh tangis lantaran kakinya tertusuk benda tajam, Moms harus memastikan area main Si Kecil aman dan jauh dari benda-benda tersebut. Pastikan juga tidak ada sisa-sisa makanan atau air liur hewan di dekat tempatnya bermain.



Selain itu, perhatikan alas kaki yang ia gunakan. Sepatu kasual sepertinya bisa menjadi pilihan yang tepat untuknya merangkak di rumput yang basah maupun kering. Agar Si Kecil tetap nyaman saat bermain, biarkan ia memakai celana atau overall jeans atau katun yang akan mempermudah ia bergerak atau berjalan.

Untuk Moms yang membawa buah hati Anda bermain bermain kotor di luar rumah, jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti untuknya di tas Anda supaya ia tetap tampil segar dan bersih ketika Anda mengajaknya pulang.

Bila di tengah-tengah keasyikannya bermain Si Kecil tampak sangat kotor dan mengganggu kenyamanannya, ada baiknya Moms membersihkannya sebentar dan membiarkan ia kembali bermain hingga ia puas.

Kendati begitu, tidak semua bayi ternyata suka main kotor-kotoran, lho. Ada yang memilih untuk menjadi “penonton” saja, dibandingkan menjadi “pemain”. Jika begitu, Anda harus yakin bahwa keragu-raguan Si Kecil bukan karena ia takut Anda akan melarangnya menjadi kotor.

Dorong Si Kecil untuk lebih aktif bermain, tetapi tidak harus di lahan yang kotor, dan jangan paksa ia untuk melakukan apa yang tidak ia inginkan ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak bermain kotor