Mother&Baby Indonesia
ASI Anda Berlebih? Manfaatkan untuk Mandi Bayi, Yuk!

ASI Anda Berlebih? Manfaatkan untuk Mandi Bayi, Yuk!

Bagi Moms yang masih memberi ASI eksklusif buat bayi Anda, tak jarang ASI bisa terproduksi secara berlebih hingga kemudian Anda simpan di dalam lemari pendingin. Namun jika terlalu banyak ASI perah yang disimpan, rasanya jadi mubazir ya, karena melebihi kebutuhan bayi Anda.

Nah, bagaimana kalau ASI perah dipakai untuk hal lain, seperti untuk mandi Si Kecil? Lindsey VanAlstyne, seorang doula sekaligus penulis di situs www.motherrisingbirth.com mengatakan bahwa mandi ASI ternyata bisa menjaga kesehatan kulit Si Kecil lho, Moms.




Manfaat Mandi ASI untuk Bayi

Mandi ASI bisa membantu mengatasi masalah kulit pada bayi, seperti eksim, cradle cap, psoriasis, dan luka. Ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan oleh bayi Anda jika ia dimandikan dengan asupan utamanya ini juga lho Moms, yakni:

1. Melembapkan Kulit

Kulit bayi memang masih sangat sensitif, karena perkembangannya masih berlangsung. Maka tak heran jika kulitnya sering kering dan timbul kemerahan akibat iritasi ringan. Kandungan seperti oleat dan linolenat dari ASI bisa membantu mengatasi kondisi tersebut, jadi kulit Si Kecil tetap lembap, kenyal dan lembut, serta terhindar dari gangguan kulit lainnya.

2. Menyembuhkan Bintik

Tak jarang timbul bintik seperti jerawat pada tubuh bayi, karena hormon sang ibu yang masih ada dalam tubuh Si Kecil. Meski bukan masalah yang berat, namun kondisi ini ini bisa diredakan dengan mandi ASI yang mengandung asam laurat dengan sifat antibakterinya.

3. Menyembuhkan Luka



Luka akibat gigitan serangga atau terlalu sering digaruk karena gatal memang mengganggu Si Kecil. Kandungan antibodi immunoglobulin-A dalam ASI bisa membantu melawan bakteri dan menyembuhkan infeksi. Jadi, selain luka lebih cepat sembuh, rasa sakit akibat iritasi juga bisa berkurang,


Cara Mandi Pakai ASI


Meski baik dilakukan, namun Moms tak perlu memandikan Si Kecil dengan ASI terlalu sering. Lakukan setiap dua minggu sekali saja atau kurangi frekuensinya jika kulit anak sudah lebih sehat kembali. Dan selama ASI tidak berbau busuk atau terasa asam, Anda bisa tetap memakainya untuk memandikan Si Kecil.

Idealnya, jumlah ASI yang digunakan berkisar antara 180 hingga 300 ml. Setelah dituang ke dalam bak, campurkan dengan air hangat. Setelah itu, basuh Si Kecil dengan campuran air tersebut. Selesai mandi, basuh bayi Anda dengan handuk halus, lalu berikan minyak kelapa untuk menjaga kelembapan kulit Si Kecil.

Selamat mencoba, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   asi,   mandi asi