Mother&Baby Indonesia
Yuk, Lakukan Perawatan Spa untuk Bayi di Rumah, Moms!

Yuk, Lakukan Perawatan Spa untuk Bayi di Rumah, Moms!

Spa adalah perawatan yang tak cuma nyaman untuk bayi, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya. Daripada Anda melakukan spa untuk Si Kecil di luar, kenapa tidak coba di rumah saja, Moms? Tak usah ragu, spa bayi juga mudah dilakukan sendiri di rumah Anda. Manfaatnya pun banyak. Yuk, ikuti caranya berikut ini, Moms!


Manfaat Melakukan Perawatan Spa untuk Bayi di Rumah

Ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh oleh Moms dan Si Kecil saat melakukan perawatan spa untuk bayi di rumah, yakni:



• Tatapan mata dan sentuhan lembut Anda saat melakukan spa akan mempererat bonding Anda dengan Si Kecil.

• Anda akan lebih mengenal bagaimana cara yang pas dan tepat untuk merawat dan memanjakan tubuh Si Kecil.

• Para ahli percaya bahwa spa bisa meningkatkan IQ, EQ, serta meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil.

• Membersihkan dan menyehatkan kulit, sehingga Si Kecil akan merasa lebih bersih dan lebih segar.

• Elemen-elemen dalam spa dapat merangsang ketajaman indra Si Kecil, contohnya wangi sabun, suara, dan sentuhan lembut tangan Anda.


Metode Melakukan Spa Bayi di Rumah

Agar spa di rumah menjadi semakin nyaman dan kaya manfaat, lakukan metode spa di rumah berikut, Moms. Ini langkah-langkahnya:

1. Relaksasi dengan Pijat

menurut penelitian Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine, Amerika Serikat, stimulasi saat pijat dapat melepaskan hormon yang membantu penyerapan sari-sari makanan. Selain itu, pijat dapat melepaskan serotonin, yaitu hormon yang dapat mengurangi pegal-pegal dan stres pada otot.

Tips: Baringkan Si Kecil di atas tempat tidur, lalu mulailah memijat dengan sangat lembut.



2. Membersihkan Kulit Si Kecil

Kuman dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan dapat memicu gangguan pada kulit. Setelah Moms melakukan pijat pada bayi Anda, mandikan Si Kecil dalam bak berisi air hangat. Mandi tak hanya membersihkan kulit, namun juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang dapat menambah bonding Anda dan buah hati. Bernyanyilah sambil mengusap tubuh Si Kecil. Ia pun akan semakin menikmati aktivitas mandi.

Tips: Basahi tubuh bayi dengan air hangat, kemudian usapkan sabun mandi bayi, lalu bilas hingga bersih.

3. Menyegarkan Kulit Si Kecil

Kesegaran kulit yang lebih lama akan membuat bayi Anda tetap merasa nyaman berjam-jam setelah mandi. Agar Si Kecil terhindar dari risiko masuk angin usai mandi, gunakan minyak telon. Minyak ini akan memberikan rasa hangat pada kulit bayi.

Tips: Setelah mandi, oleskan minyak telon ke dada, perut, dan punggung Si Kecil.

4. Merawat dan Menutrisi Kulit Si Kecil

Sebagai langkah terakhir dalam rangkaian spa bayi, Moms bisa menambahkan pemberian nutrisi untuk rambut dan kulit Si Kecil agar kesehatannya terjaga dalam jangka panjang.

Tips: Oleskan baby hair lotion pada rambut Si Kecil. Kandungan nutrisi yang terdapat pada baby hair lotion akan membantu rambut bayi tumbuh lebat dan kuat. Adapun untuk menjaga kelembapan kulit Si Kecil, oleskan selalu baby lotion pada lengan dan kaki Si Kecil.

Selamat mencoba spa bayi di rumah, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   spa,   spa untuk bayi








Related Article