Mother&Baby Indonesia
Bayi Jarang Buang Air Kecil, Normalkah Kondisi Ini?

Bayi Jarang Buang Air Kecil, Normalkah Kondisi Ini?

T: Dok, anak saya perempuan umurnya 6,5 bulan dan minumnya ASI. Sudah sebulan lebih dia jarang buang air kecil. Setiap mau mandi saya lihat popoknya tidak pernah penuh, paling BAK hanya sekali. Anak saya kenapa ya, Dok? Apakah itu normal?

J: Jumlah dan frekuensi buang air kecil (BAK) pada seorang bayi dengan fungsi ginjal yang normal ditentukan oleh jumlah cairan harian yang dikonsumsi. Tentunya agak sulit untuk menentukan berapa jumlah cairan yang diminum bayi jika ASI diberikan dengan cara menyusui langsung.

Seringkali pada bayi usia sekitar enam bulan yang mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI), frekuensi dan jumlah ASI yang dikonsumsi pun akan menurun. Ada baiknya Moms mencoba untuk menyusui bayi Anda lebih sering dengan intensitas yang cukup, selain juga berupaya memberikan cairan lainnya seperti air putih, air buah, atau kuah kaldu.



Jika setelah upaya penambahan asupan cairan tersebut sudah dilakukan dan bayi tetap jarang BAK, sebaiknya bayi segera dibawa ke dokter spesialis anak untuk diperiksa dan dievaluasi.



Dijawab oleh dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A., Dokter Spesialis Anak, RS Pondok Indah

(M&B/Binar Murgati P./ND/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   asi,   buang air kecil,   jarang buang air kecil








Related Article