Mother&Baby Indonesia
Moms bisa Hamil Tetapi Tidak Gemuk, Begini Caranya

Moms bisa Hamil Tetapi Tidak Gemuk, Begini Caranya

Proses kehamilan memang akan mengubah bentuk tubuh. Secara otomatis, bagian perut, pinggul, dan bokong akan terisi oleh lemak. Lalu, mungkinkah hamil tidak gemuk? Tentu bisa! Anda dapat menjaga pertambahan lemak agar tidak berlebihan, dengan cara yang dijelaskan oleh Bonnie Berk, pendiri Motherwell dan spesialis pendidikan keluarga.


1. Ingat Sarapan

Sarapan atau makan pagi jadi hal yang penting untuk dilakukan selama hamil. Sebab, ini adalah cara Anda untuk tetap berenergi sekaligus memberikan kalori dan nutrisi kepada janin. Jika Anda tidak mampu sarapan karena mengalami morning sickness, makanlah beberapa keping biskuit atau semangkuk sereal sebelum turun dari tempat tidur.




2. Rencanakan Camilan

Dua atau tiga jam setelah sarapan, tubuh Anda akan meminta untuk diisi ulang energinya. Anda bisa siapkan camilan sebelum makan siang dengan pilih makanan bergizi, seperti buah-buahan atau biskuit gandum.


3. Rendah Lemak, Tidak Manis, Tinggi Serat

Lebih baik, Anda membiasakan untuk membaca label makanan, agar bisa mempertimbangkan makanan yang rendah kandungan lemak serta gulanya. Konsumsi juga makanan tinggi serat, karena akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan jadi tidak terus-terusan ingin mengunyah.


4. Kukus, Rebus, dan Panggang

Gantilah menu gorengan Anda dengan makanan yang direbus, dikukus, atau dipanggang (termasuk makan di restoran). Dengan pengolahan yang tepat, ikan bakar bisa menjadi lebih lezat dan sehat dibandingkan dengan yang digoreng. Pengelolaan makanan dengan cara kukus, rebus, dan panggang juga akan membuat cita rasa asli makanan lebih terasa.


5. Kenyang saat Belanja

Ketika perut lapar, maka kantong belanja Anda akan penuh dengan makanan atau barang-barang yang tidak diperlukan. Untuk mengatasi hal ini, makanlah sebelum olahraga swalayan itu di mulai. Jadi, coba atur waktu belanja Anda sehingga belanja menjadi efektif.





6. Makan Sebelum Pesta

Sebelum datang ke pesta, makanlah terlebih dahulu. Makan di rumah dengan menu yang sehat akan membuat Anda tidak mudah tergoda dengan makanan pesta yang kandungan gizinya belum tentu Anda perlukan.


7. Buah Selundupan

Saat bersantai, seperti menonton bioskop, bawalah beberapa buah-buahan potong atau buah yang mudah dikonsumsi. Apabila tidak boleh membawa makanan dari luar, pilih saja roti gandum, jus buah, atau air mineral yang lebih sehat.


8. Delapan Gelas Air

Tubuh Anda, terutama saat hamil akan lebih sering salah mengartikan haus dengan lapar. Untuk menghindari makan jadi terlalu banyak, minimal minumlah delapan gelas air per hari (kurang lebih dua liter). Selain terhindar dari dehidrasi, hal ini juga mengurangi risiko konstipasi.


9. Menghindari Si Jago Makan

Banyak yang akan menyarankan Anda sebagai ibu hamil untuk memakan apa saja yang diinginkan. Beranilah untuk menolak dengan sopan, dan pilih makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi janin. Dengan begitu, kenaikan berat badan Anda pun tidak akan terlalu signifikan dan lebih mudah kembali ke tubuh ideal.


10. Meditasi Makan

Menurut penelitian, makan terburu-buru akan menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik. Maka, lakukan meditasi makan dengan mengunyah setidaknya 50 kali sebelum Anda menelannya. Semakin lama Anda mengunyah makanan, semakin sedikit makanan yang Anda perlukan dan semakin nikmat rasanya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   ibu hamil,   kegemukan,   hamil tidak gemuk