Mother&Baby Indonesia
Bagaimana Jika Ibu Hamil Tidak Minum Susu?

Bagaimana Jika Ibu Hamil Tidak Minum Susu?

Ibu hamil pasti sudah tahu bahwa selama menjalani masa kehamilan Anda perlu mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi. Mulai dari sayuran, daging-dagingan, hingga susu. Ya, susu memang dikenal sebagai sumber kalsium yang kebutuhannya akan meningkat pada ibu hamil. Maka jika bumil tidak alergi susu sapi, sangat disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari.

Lalu, bagaimana jika kehamilan membuat Anda jadi tidak suka minum susu? Apakah tidak minum susu saat hamil bisa memberikan dampak buruk bagi janin? Untuk menjawabnya, kami telah bertanya dengan dr. Yusfa Rasyid, SpOG, seorang pakar obgyn dari RSIA YPK Menteng. Simak jawaban dr. Yusfa yuk, Moms!




Perubahan Hormon

ibu hamil minum susu

Kehamilan membuat Anda tidak suka minum susu? Mungkin ini terjadi karena perubahan hormon pada tubuh bumil. Perubahan pada indra perasa, baik itu pengecap maupun penciuman, selama 4 bulan pertama kehamilan, sangat dipengaruhi oleh hormon kehamilan. Itulah yang terjadi pada bumil yang tiba-tiba tidak suka susu saat hamil.


Perlukah Susu Khusus Kehamilan?

susu khusus kehamilan

Untuk mengatasi kesulitan minum susu, Anda bisa mencoba merek lain yang tidak menimbulkan rasa mual atau susu biasa saja, karena sesungguhnya tidak banyak perbedaan antara formula susu khusus kehamilan dengan susu biasa. Yang membedakan susu hamil dengan susu biasa hanya terletak pada kandungan asam folat, vitamin B, ditambah dengan DHA dan omega-3.

Dan biasanya, dokter Anda juga telah memberikan pil suplemen kehamilan untuk mengurangi rasa mual yang Anda rasakan saat hamil.




Susu Bikin Bumil Lemas?

susu untuk ibu hamil

Beberapa pembaca M&B mengatakan bahwa tubuhnya sering merasa lemas setelah minum susu. Sedangkan menurut dr. Yusfa, rasa lemas umumnya memang dialami ibu hamil, tidak hanya sesudah makan atau minum susu, tetapi juga bisa berlangsung selama seharian.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk makan atau minum susu sedikit demi sedikit, namun usahakan dengan intensitas lebih sering. Perhatikan pula bahwa jumlah asupan makanan Anda minimal sama dengan sebelum hamil, dengan kualitas gizi yang beragam, namun bukan kuantitas yang berlebihan ya, Moms.


Berapa Kebutuhan Kalsium saat Hamil?

Susu memang cara mudah untuk membantu bumil memenuhi kebutuhan kalsium, namun Anda tetap bisa mengonsumsi sumber kalsium lainnya lho, Moms. Yang penting, kebutuhan kalsium bumil terpenuhi, yaitu sekitar 1.000 mg kalsium per hari.

Contoh sumber kalsium yang baik untuk dikonsumsi bumil adalah keju, yoghurt, sayuran hijau, ikan, dan tentu saja suplemen kalsium. Semua ini penting untuk dikonsumsi, karena kalsium sangat diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi janin di perut Anda, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   susu,   kalsium,   janin,   tulang