Mother&Baby Indonesia
Jadwal Berkualitas Menuju Due Date

Jadwal Berkualitas Menuju Due Date

Wah sebentar lagi, Si Kecil akan lahir ke dunia. Daripada deg-degan menjelang proses persalinan, yuk lakukan hal-hal berikut agar hari-hari Anda lebih ceria, Moms!

Bagaimana memanfaatkan waktu selama Anda menunggu due date? Sebaiknya, maksimalkan tubuh Anda agar selalu prima. Sementara itu, janin di dalam rahim Anda pun tumbuh sempurna.

Mungkinkah Anda meningkatkan vitalitas dan kesehatan Anda selama kehamilan hanya dalam satu hari? M&B yakin, Anda bisa! Coba saja ikuti jadwal harian yang dibuat jam per jam ini. Anda pasti akan merasa lebih fit, tenang, dan pastinya, sehat!




07.00 – Mandi

Awali hari Anda dengan mandi pagi. Ambil waslap atau shower puff, lalu pijat lembut tubuh Anda dengan gerakan berputar searah jarum jam. Mulailah dari bahu, lalu turun ke bagian depan tubuh Anda, kemudian dari bagian bawah kaki ke paha. Resapi aroma sabun favorit Anda. Dijamin, segar!


07.30 – Detoks

Untuk membuat liver Anda bekerja efektif menyaring racun di dalam tubuh, minumlah segelas air panas yang telah dicampur dengan perasan air lemon.


08.00 – Sarapan

Sarapan akan membuat gula darah Anda stabil dan mengurangi keinginan untuk ngemil makanan manis. Makanan yang tepat juga membantu mood tetap bagus, apalagi jika Anda harus menjalani sisa hari dengan bekerja atau mengasuh anak Anda yang lain. Coba sarapan dengan potongan buah segar yang disiram yoghurt. Tahukah Anda? Yoghurt adalah sumber vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Sedangkan, buah-buahan adalah sumber vitamin C untuk menjaga stamina tubuh dan vitamin E sebagai antioksidan.


09.00 – Minum

Pastika minum minimal dua liter air setiap hari. Air bermanfaat untuk meluruhkan racun dan mencegah konstipasi. Air juga baik untuk janin Anda lho, Moms.


10.00 – Menikmati Kehidupan

Coba pasang gambar-gambar indah atau kata-kata positif di layar komputer Anda. Berpikir positif dan melihat keindahan akan mengurangi kadar stres.




11.00 – Ngemil

Camilan sehat untuk ibu hamil sebenarnya banyak. Namun coba sesekali makan pisang. Buah pisang mengandung potasium yang tinggi untuk menaikkan energi Anda dan menurunkan risiko darah tinggi.


12.00 – Duduk Nyaman

Jika Anda tetap bekerja saat hamil dan memungkinkan, mintalah ke bagian personalia di kantor Anda untuk sedikit mengubah ruang kerja Anda sehingga ruang duduk Anda lebih lega. Sebaiknya, Anda bisa duduk nyaman agar tubuh tetap bugar dan aliran darah pun menjadi lancar.


13.00 – Makan Siang

Saat makan siang tiba. M&B menyarankan Anda untuk memilih sayuran beraneka warna, misalnya tomat, paprika, jagung, dan asparagus untuk makan siang. Sayuran berwarna hijau dan kuning mengandung vitamin A untuk mendorong perbaikan sel tubuh serta membantu pertumbuhan janin. Tomat dan sayuran hijau juga mengandung vitamin C serta bisa menjadi antioksidan alami yang dapat menghalau flu dan nyeri sendi. Penuhi gizi Anda dengan ikan seperti sarden atau makarel karena mengandung lemak esensial yang sangat baik untuk janin.


13.30 – Lancarkan Pencernaan

Tutuplah makan siang Anda dengan mengudap segenggam buah anggur. Buah ini dapat menghalau rasa kembung dan meringankan bengkak karena aliran cairan di tubuh yang tidak lancar.


14.00 – Matahari dan Istirahat

Jika Anda berada di kantor pada jam ini, keluarlah sejenak dari ruang kerja Anda. Berjalan-jalan di luar, di sekitar kantor. 

Jika Anda sudah mengikuti jadwal ini, jangan lupakan satu hal, yaitu tidur! Ya, salah satu cara terbaik untuk tetap sehat selama hamil adalah dengan berusaha tidur nyenyak setiap malam. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: due date,   ibu hamil,   sarapan,   detoks,   vitalitas,   kesehatan,   persalinan