Mother&Baby Indonesia
Adakah Kaitan Antara Stres dan Kesulitan untuk Hamil?

Adakah Kaitan Antara Stres dan Kesulitan untuk Hamil?

Memiliki perasaan yang selalu bahagia memang bisa membuat tubuh lebih sehat. Namun, berbeda halnya ketika Anda terlalu banyak pikiran hingga menimbulkan stres, karena hal tersebut akan memengaruhi sistem imunitas menjadi menurun sehingga kondisi badan menjadi tidak fit.

Salah satu yang juga dipengaruhi oleh stres adalah gangguan pada sistem reproduksi. Apabila kondisi stres ini tak ditangani secara tepat, maka seorang wanita bisa menjadi sulit hamil. Agar lebih jelas, simak pembahasan mengenai kaitan antara masalah psikologi ini dengan kesuburan sebagai berikut, Moms.




Mengenal Penyebab Stres

Stres adalah reaksi yang dihasilkan tubuh saat menghadapi suatu situasi atau peristiwa. Saat mengalami stres, Anda akan merasa napas menjadi lebih berat serta menimbulkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah.

Kondisi ini bisa menjadi positif apabila dapat membantu Anda dalam memecahkan suatu situasi yang cukup kompleks. Tetapi jika terjadi terlalu sering, maka stres dapat berisiko mengganggu psikologi hingga menimbulkan rasa depresi atau gangguan kecemasan.

Selain itu, kondisi ini juga membuat jaringan otak yang menghasilkan hormon untuk mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) menjadi bermasalah. Akibatnya, siklus menstruasi pun menjadi tidak teratur. Bahkan, ketika Moms menstruasi pun dapat muncul gejala lain, seperti kram perut, gangguan pencernaan, dan perubahan hasrat seksual.

Hal tersebut nyatanya tak hanya memengaruhi sistem reproduksi wanita, tetapi juga pria. Stres berkepanjangan yang dialami Dads juga dapat memengaruhi kadar testosteron dan jumlah serta kualitas sperma yang terproduksi oleh tubuh.

Stres juga bisa mengganggu konsentrasi tak hanya saat beraktivitas, tetapi juga urusan di ranjang. Rasa lelah yang timbul membuat Moms atau Dads memilih untuk melakukan hal lain yang dapat mengalihkan stres, yang juga mengganggu jam tidur. Hal inilah yang mampu mengganggu kesehatan tubuh juga kesuburan seseorang.




Cara Menghindari Stres

Jika Anda mampu mengatasi stres, terbukti tak hanya tubuh menjadi lebih sehat, tetapi juga masalah infertilitas atau kesuburan Moms dan Dads bisa teratasi. Lakukan hal-hal di bawah ini untuk membantu mengubah stres menjadi hal yang lebih positif:

1. Yoga dan Meditasi

Olahraga menjadi hal yang penting dilakukan untuk menghindari stres. Salah satu jenis olahraga yang bisa sekaligus menenangkan adalah yoga. Anda bisa mencoba ikut kelas yoga dengan gerakan yang ringan terlebih dahulu. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk meditasi atau menenangkan diri dan menemukan kedamaian dalam diri, lho!

2. Jalani Me Time

Ada banyak hal yang bisa Anda pilih sebagai me time atau waktu yang dihabiskan untuk diri sendiri. Ini bukan hal yang egois, ya! Anda bisa meluangkan waktu, paling tidak seminggu satu kali untuk melakukan aktivitas seperti membaca buku favorit atau bermain sepatu roda di taman.  Bahkan, menulis jurnal juga bisa menjadi me time dan bisa dilakukan di mana saja.

3. Berhubungan Intim dengan Pasangan

Fakta membuktikan bahwa melakukan hubungan intim dapat melepaskan hormon oksitosin atau perasaan bahagia serta relaks. Namun, lakukan hal ini ketika tidak merencanakan kehamilan atau jadikan sebagai momen romantis Anda bersama pasangan, ya.

4. Konsultasi dengan Ahli 

Apabila stres tak berkurang sedikit pun, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada konsultan, psikolog, atau psikiater agar mendapatkan terapi untuk meredakan stres dengan tepat. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   stres,   kesehatan