Mother&Baby Indonesia
Bumil, Konsumsi Vitamin D untuk Kecerdasan Bayi, Yuk!

Bumil, Konsumsi Vitamin D untuk Kecerdasan Bayi, Yuk!

Moms, kehamilan yang Anda jalani memang sebaiknya harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup untuk kesehatan Anda dan tumbuh kembang janin yang optimal, tak terkecuali untuk mengonsumsi berbagai vitamin secara lengkap. Salah satu kebutuhan vitamin yang mesti diperoleh untuk menunjang kondisi kehamilan yang sehat adalah vitamin D.

Seperti kita telah tahu, vitamin D sangat penting untuk kesehatan serta kekuatan tulang dan gigi. Nah, ibu hamil juga sebaiknya mengonsumsi vitamin D karena bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Kekurangan vitamin D bisa memberikan dampak negatif janin sehingga tidak tumbuh secara maksimal.




Manfaat Vitamin D bagi Ibu Hamil

Menurut sebuah penelitian di Inggris, anak-anak dengan ibu yang cukup mengonsumsi vitamin D saat hamil akan memiliki kekuatan otot yang lebih baik. Penelitian yang melibatkan 600 ibu dan anak ini menunjukkan bahwa pada usia 4 tahun, anak-anak dengan ibu yang cukup mengonsumsi vitamin D pada akhir kehamilan, memiliki genggaman tangan lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang ibunya mengonsumsi vitamin D dengan dosis lebih rendah daripada semestinya.

Ternyata manfaat vitamin D pada ibu hamil bukan cuma itu, Moms. Ingin Si Kecil cerdas? Cukupilah kebutuhan vitamin D semasa Anda hamil. Selain membantu penyerapan kalsium yang penting untuk pembentukan tulang, vitamin D juga dapat meningkatkan kecerdasan janin, lho. Vitamin D terbukti secara ilmiah berpengaruh dalam perkembangan otak janin di kandungan. Kekurangan vitamin D bisa berisiko merusak kesehatan otak janin dan bahkan menyebabkan kecacatan.




Sumber Vitamin D untuk kebutuhan Tubuh Anda

Vitamin D sendiri bisa didapatkan dari berbagai sumber, tetapi sebagian besar berasal dari matahari. Itu sebabnya vitamin D sering juga disebut dengan vitamin matahari. Di Indonesia yang tropis, tentu sangat mudah mendapatkan vitamin ini, karena sinar matahari selalu ada sepanjang tahun di negara kita ini. Tak perlu berlama-lama, cukup berjemur selama 10 menit antara pukul 07.00-09.00.

Sementara, di negara-negara dengan 4 musim, ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D, karena sinar matahari tidak maksimal. Di Inggris, misalnya, pemerintahnya bahkan menggratiskan suplemen vitamin D.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan sehari-hari, misalnya ikan terutama ikan berlemak seperti salmon dan sarden, udang, susu, sereal, telur, dan jamur.

Kebutuhan vitamin D pada manusia normal sebanyak 100-300 international unit (IU). Namun untuk ibu hamil, jumlah yang dibutuhkan masih dalam perdebatan. The Institute of Medicine merekomendasikan vitamin D sebanyak 600 IU per hari dan maksimal 4.000 IU per hari. Dr. Eva Morales, peneliti dari Center of Research in Environmental Epidemiology, Barcelona, mengatakan bahwa kebutuhan vitamin D ibu hamil mencapai 1.820 IU, sementara Bruce Hollis, Direktur Ilmu Gizi Anak di Medical University of South Carolina, Charleston, merekomendasikan 4.000 IU per hari. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi dan elemen yang tepat ya, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   vitamin d








Related Article