Mother&Baby Indonesia
5 Alasan Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Melewatkan Sarapan

5 Alasan Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Melewatkan Sarapan

Moms, selama menjalani masa kehamilan, Anda tentunya harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Bukannya tanpa alasan, nutrisi tersebut memang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kehamilan Anda dan pertumbuhan janin yang optimal. Salah satu yang penting adalah asupan nutrisi pada pagi hari alias sarapan, Moms.

Memang, ketika tengah hamil, Anda mengalami sejumlah perubahan, salah satunya menyangkut nafsu makan. Kondisi mual dan muntah yang Anda alami di awal-awal masa kehamilan atau akrab disebut morning sickness bisa membuat ibu hamil malas untuk sarapan. Padahal faktanya, sarapan justru sangat baik dan penting bagi ibu hamil. Sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting karena dapat mengontrol pola makan Anda sepanjang hari.

Anna Ardine, ahli diet dari Magee-Womens Hospital, Pittsburgh, AS, menuturkan bahwa bumil sebaiknya menerapkan diet sehat dengan merencanakan pola makan yang seimbang selama masa kehamilan. Menurutnya, ada sejumlah alasan bumil tidak boleh melewatkan sarapan, yaitu:




1. Janin Membutuhkan Asupan

Saat Anda hamil, janin tumbuh dengan konstan dan ia membutuhkan persediaan nutrisi yang lengkap. Maka makanlah secara teratur untuk mencegah janin merasa lapar, termasuk makan saat sarapan, Moms.


2. Lebih Baik Sarapan daripada Menyesal

Ketika Anda melewatkan sarapan karena sibuk dengan pekerjaan kantor, akhirnya Anda akan makan apa saja yang tersedia. Moms tak lagi memperhatikan kebersihan dan kandungan gizi dari makanan tersebut. Penyesalan akan terlihat saat bayi lahir dengan kondisi kesehatan yang tidak optimal. Karena itu, sebaiknya perhatikan nutrisi yang Anda makan. Pastikan memilih menu makan yang seimbang terdiri dari karbohidrat, mineral, protein dan lemak.




3. Anda Membutuhkan Energi

Anda tidur malam selama sekitar 8-10 jam. Nah, selama waktu tersebut, janin akan mengambil nutrisi dalam tubuh Anda untuk asupannya. Jika begitu, Anda masih tega untuk melewatkan sarapan? Anda membutuhkan energi untuk diri sendiri dan janin, Moms. Melewatkan sarapan justru dapat membuat Anda akan semakin lemah dan letih.


4. Meredakan Morning Sickness

Sering merasa mual dan muntah saat pagi hari? Segera sarapan ya, Moms. Sarapan justru dapat meredakan morning sickness yang Anda alami. Moms bisa menyiapkan roti tawar beserta selai kacang untuk mengisi perut. Atau, Anda bisa mengganti roti dengan buah menjadi cara lain untuk menenangkan perut Anda yang mual.


5. Melewatkan Sarapan Berisiko Melahirkan Prematur

Beberapa ahli mengaitkan ibu hamil yang tidak sarapan atau sering melewatkan sarapan dengan risiko melahirkan prematur. Tidak makan selama 6 sampai 12 jam bisa menyebabkan persalinan prematur yang tentu saja akan berisiko pada kesehatan bayi Anda, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   sarapan,   nutrisi








Related Article