Mother&Baby Indonesia
Manfaat Daun Singkong bagi Ibu Hamil

Manfaat Daun Singkong bagi Ibu Hamil

Digulai atau dimakan sebagai lalapan bersama sambal. Bagi penyukanya, cita rasa daun singkong memang khas dan membuat ketagihan. Apakah Moms termasuk salah satu di antaranya?

Daun singkong memiliki kandungan gizi mikro dan makro. Zat gizi makro yang ada pada daun singkong antara lain adalah serat, karbohidrat, folat, asam amino esensial, dan protein. Sedangkan zat gizi mikro yang ada di dalam tumbuhan ini yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, tembaga, zinc, magnesium, dan mangan. 

Daun singkong yang masih muda memiliki kandungan protein, mineral, dan vitamin yang sangat tinggi. Mengandung berbagai zat gizi, daun singkong bisa membantu metabolisme tubuh Anda lho, Moms. Namun di sisi lain, ada senyawa aktif di dalam daun singkong yang dapat memicu rasa pusing dan menyebabkan asam lambung naik.



Lantas, apakah daun singkong masih tetap aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Jawabannya, aman asalkan porsinya tidak berlebihan. Perlu diketahui, daun singkong juga bisa meningkatkan tekanan darah dan kolesterol apabila dikonsumsi terlalu banyak.


Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat daun singkong bagi ibu hamil jika Moms mengonsumsinya dalam batas wajar, yaitu:

1. Membantu proses pembentukan sistem antibodi

Antibodi alias sistem kekebalan tubuh diperlukan oleh tubuh Anda guna mencegah timbulnya penyakit, serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. Nah, daun singkong mengandung protein untuk pembentukan antibodi bagi ibu hamil.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun singkong memiliki kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat kandungan serat ini juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindar dari gangguan pencernaan, termasuk sembelit atau bahkan diare.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi



Daun singkong juga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Seperti telah diketahui, ibu hamil biasanya kehilangan banyak kalsium sehingga rentan mengalami masalah tulang dan gigi. Oleh sebab itu, Moms perlu lebih banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium serta fosfor, salah satunya daun singkong.

4. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral janin

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan kandungan asam folat dan kalsium. Selain itu, daun singkong juga tinggi kandungan mikronutrien seperti mangan, potasium, serat, zat besi, dan vitamin untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan janin.

5. Membantu pembentukan janin

Daun singkong juga mengandung vitamin A yang tentu saja bermanfaat untuk membentuk serta membantu fungsi pengelihatan janin. Selain itu, daun singkong juga memiliki banyak zat serta protein yang dapat membantu membentuk jaringan tubuh pada janin yang berada dalam kandungan. Kandungan zat-zat dalam daun singkong juga punya peranan yang cukup penting dalam pembentukan darah.


Efek Penyakit Khusus

Pada umumnya, daun singkong cukup aman untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Akan tetapi Moms yang memiliki penyakit-penyakit tertentu, seperti darah tinggi, maag, dan kolesterol sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila ingin menyantap makanan yang terbuat dari daun singkong.

Selain itu, pilih daun singkong yang masih segar dan muda agar kandungan gizinya juga lebih baik. Jadi makan daun singkong saat hamil? Kenapa tidak! (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: hmail,   kehamilan,   ibu hamil,   makanan ibu hamil,   nutrisi kehamilan,   daun singkong








Related Article