Mother&Baby Indonesia
Perlengkapan Menyusui yang Tepat untuk Ibu Bekerja

Perlengkapan Menyusui yang Tepat untuk Ibu Bekerja

Moms, kita semua tahu kalau ASI atau air susu ibu adalah nutrisi terbaik untuk bayi. ASI sangat penting bagi pertumbuhan Si Kecil. Karena terdapat nutrisi dan gen yang tidak ada dalam susu formula mana pun. Namun bagaimana jika Ibu tetap harus bekerja di kantor padahal masih dalam masa menyusui?

Tenang Moms, Anda bisa tetap memberikan ASI untuk Si Kecil, kok. Moms bisa menyiasatinya dengan cara pumping atau memompa ASI. Ada beberapa hal yang harus Moms persiapkan terlebih dahulu agar aktivitas pumping bisa berjalan dengan lancar. Apa saja, sih?




1. Breastpump


Pilihlah breastpump yang ringan agar mudah dibawa kemana-mana. Sesuaikan dengan kebutuhan untuk pemilihan double pump atau single pump. Pakai breastpump dengan isapan lembut dan tidak bising. Serta sesuaikan mode isapan agar nyaman digunakan.


2. Breastpad


Jangan sampai ASI merembes dan sampai terlihat membasahi pakaian Anda. Karena itu, penggunaan breastpad sangat dianjurkan. Gunakan breastpad yang memiliki bahan lembut agar payudara tidak terluka serta pastikan breastpad dapat banyak menyerap cairan.


3. Kantung ASI




Agar lebih mudah dibawa dan tidak perlu banyak botol, maka penggunaan kantung ASI sangat dianjurkan. Pakai kantung ASI yang sudah BPA free dan double zipper agar ASIP tidak tumpah. Agar dapat disimpan dalam freezer dengan rapi, pastikan gunakan kantung ASI yang bisa self standing.


4. Apron Menyusui


Agar kegiatan pumping ataupun menyusui tetap nyaman meski berada di luar ruangan, gunakan apron sebagai pelindung dan penutup. Apron yang dipakai sebaiknya terbuat dari banyak yang ringan dan tidak panas. Pastikan apron dapat menutupi bagian depan agar tetap nyaman.


5. Cooler Bag


Perlengkapan pumping yang paling penting adalah cooler bag. Praktisnya, semua kebutuhan pumping harus masuk dalam 1 tas. Pilih cooler bag dengan kapasitas yang bisa disesuaikan dengan barang-barang yang dibawa. Untuk bagian cooler/thermal, pastikan dapat menahan suhu dingin lebih lama serta antibocor, agar saat berada di luar tidak akan terjadi ASI merembes dari cooler bag. (ND/SW/Dok. Freepik, Gabag)



Tags: menyusui,   asi,   ibu bekerja,   working mom,   asi eksklusif,   tips menyusui,   perlengkapan menyusui,   gabag