Mother&Baby Indonesia
Ini Alasan Munculnya Biaya Tak Terduga saat Punya Bayi

Ini Alasan Munculnya Biaya Tak Terduga saat Punya Bayi

Ketika berencana untuk memiliki anak di tengah keluarga, Anda dan suami mungkin sudah melakukan perencanaan terlebih dahulu. Mulai dari biaya selama kehamilan, estimasi yang dikeluarkan ketika persalinan tiba, hingga saat bayi pulang ke rumah.

Namun setelah Si Kecil lahir, nyatanya biaya yang sudah direncanakan sebelumnya tidak sesuai dengan kenyataan. Ada banyak dana tak terduga tiba-tiba muncul, sampai membuat tabungan keluarga terasa cepat habis sebelum waktunya, padahal Si Kecil masih bayi.

Di negara lain seperti Inggris, hal ini biasanya dihabiskan oleh penggunaan jasa pengasuh untuk membantu merawat Si Kecil. Tetapi berbeda dengan di Indonesia, biaya tak terduga bisa muncul dan menguras keuangan karena hal-hal berikut ini:




1. Dokter dan Imunisasi


Setelah pulang, Anda tidak bisa hanya merawat Si Kecil di rumah. Jadwal kontrol ke dokter tetap harus dilakukan paling tidak sampai usianya melewati 4 bulan. Selain itu, imunisasi juga menjadi hal yang penting dilakukan sesuai jadwal atau bertambahnya umur anak Anda. Nah, kebutuhan ini bisa memakan biaya hingga Rp300.000, kecuali Anda menggunakan layanan kesehatan BPJS yang sudah menggratiskan semua kebutuhan tersebut, Moms.


2. Susu

ASI memang menjadi makanan utama bagi bayi, terutama hingga usia 6 bulan. Namun bagi ibu yang tidak dapat memproduksi ASI, susu formula menjadi pilihan. Dan hal ini bisa meningkatkan biaya perawatan Si Kecil, lho!




3. Perlengkapan Bayi

Kebutuhan seperti stroller, car seat, botol susu, mainan, hingga boks tidur menjadi penting untuk dimiliki. Meski bisa disewa untuk menghemat biaya, namun harganya juga tidak murah jika Anda mencari barang yang memiliki kualitas baik dan aman untuk Si Kecil.


Baca juga: Cara Menentukan Biaya untuk Tabungan Pendidikan Anak


4. Pengasuh

Seperti dijelaskan di atas, bahwa memiliki pengasuh memang bisa menjadi permasalahan utama. Biaya pengasuh di perkotaan saja sudah mencapai lebih dari Rp2.000.000 saat ini, sehingga banyak ibu yang memilih untuk menetap di rumah demi merawat anak. Kecuali, Anda memang sangat membutuhkan adanya pengasuh karena Moms dan suami harus bekerja.


5. Biaya Liburan

Setelah Si Kecil lahir, pasti ada keinginan untuk mengajaknya berjalan-jalan. Rencana liburan yang bisa mendadak ini pun tentu akan menguras biaya cukup banyak, apalagi sekarang tiket yang dibeli adalah untuk tiga orang, lho! Belum lagi banyaknya persiapan yang perlu dilakukan, agar selama perjalanan bayi tak kekurangan apa pun. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu baru,   persalinan,   biaya,   keuangan,   punya bayi,   punya anak