Mother&Baby Indonesia
Kiat Menjadi Guru dan Menumbuhkan Minat Belajar Anak

Kiat Menjadi Guru dan Menumbuhkan Minat Belajar Anak

Hari ini, 25 November 2019, ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional. Banyak yang mengucapkan selamat kepada guru hingga menjadi trending topic. Moms dan Dads mungkin termasuk salah satu yang melakukannya.

Peran guru memang sangat penting bagi proses belajar seorang anak hingga ia dewasa nanti. Walaupun begitu, Anda sendiri juga bisa lho, menjadi guru yang baik untuk anak Anda di rumah. Moms dan Dads bisa mengajari berbagai hal pada Si Kecil, karena pada dasarnya setiap orang tua adalah guru bagi anaknya.

Memang, hal ini sering dilupakan orang-orang. Padahal, orang tua merupakan guru pertama bagi anak, dan peran terpenting dalam proses pendidikan seorang anak berasal dari orang tua. Karena itu, di Hari Guru Nasional ini, M&B ingin berbagi pada Anda kiat menjadi guru di rumah dan menumbuhkan minat belajar anak sejak usia dini.




Pentingnya Menumbuhkan Minat Belajar Anak Sejak Dini

Menumbuhkan minat belajar anak sejak dini sangatlah penting. Pasalnya, anak pada usia dini memiliki potensi yang sangat besar. Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (APG-PAUD) Indonesia, Dr. Sofia Hartati, M.Si memaparkan bahwa periode golden age atau 5 tahun pertama dalam kehidupan anak, merupakan tahapan terpenting dalam perkembangan fisik, intelektual, emosional, dan sosial seorang anak.

Oleh karena itu, orang tua perlu mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Caranya, dengan menyediakan lingkungan yang mampu menstimulasi rasa ingin tahu Si Kecil dan memberikan ia berbagai pengalaman belajar yang menyenangkan.

Bermain merupakan cara anak usia dini dalam belajar tentang dunianya. Melalui bermain, anak belajar mengembangkan berbagai macam kemampuan yang akan bermanfaat untuk menjalani dunia akademisnya nanti, seperti kemampuan motorik kasar, motorik halus, personal dan sosial, serta kognitif.


Kiat Menumbuhkan Minat Belajar Anak Sejak Dini

Nah, tempat sebaik-baiknya untuk menumbuhkan minat belajar anak adalah rumah dan orang tua. Pembelajaran di rumah tentu saja berbeda dengan di sekolah. Pembelajaran di rumah terjadi setiap saat serta tidak terikat dengan waktu, jadwal, dan kurikulum tentunya.

Pembelajaran di rumah bersifat alamiah dan dengan partisipasi orang tua secara aktif seharusnya menjadi lebih menyenangkan untuk anak. Orang tua adalah sarana utama anak bersosialisasi. Berikut tips yang dapat Moms lakukan untuk memunculkan minat belajar anak, antara lain:

1. Jadikan Diri Anda sebagai Panutan dan Contoh



Ajarkan anak hal-hal yang positif saat Anda menghabiskan waktu bersamanya. Pasalnya, perilaku orang tua bisa membantu anak berhasil di masa depan. Contoh, Moms tak dapat mengharapkan anak gemar membaca bila Anda sendiri tak suka membaca. Jadikan membaca bagian dari aktivitas sehari-hari keluarga, walau hanya 10-15 menit sehari.

2. Buat Setiap Aktivitas Menjadi Proses Belajar yang Menyenangkan

Contohnya, Moms ingin menanamkan kedisiplinan dan kemandirian pada anak. Anda bisa mulai dengan melatihnya membereskan mainan sendiri usai bermain. Kemudian, Anda juga bisa membuat stempel bintang untuk setiap kegiatan yang sudah dilakukan anak. Lalu, kumpulan stempel bisa ditukar dengan kue favorit anak buatan Moms.

3. Berikan Kepercayaan untuk Anak Bertanggung Jawab

Sifat anak pada dasarnya penuh rasa ingin tahu. Ketika Moms sedang memasak kadang anak ingin ikut serta. Namun biasanya orang tua melarang karena khawatir jadi berantakan atau berbahaya bagi anak. Berikan kesempatan pada anak untuk terlibat dalam kegiatan orang tua di rumah. Namun, berikan porsi tugas yang lebih mudah. Misalnya, Anda bisa minta Si Kecil mengambilkan 5 buah cabai untuk Anda, sekaligus mengenalkannya pada konsep berhitung. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dan tentu saja makin meningkatkan kualitas hubungan antara orang tua dan anak.

4. Aktif Bermain dengan Anak dan Selalu Berikan Motivasi untuknya

Misalnya, berikan satu set lego dan lihat apa yang ia ciptakan. Atau, berikan kertas kosong untuk digambar, biarkan imajinasi anak berkembang bebas. Ia akan merasa senang menciptakan sesuatu melalui kreasinya sendiri.

Yuk Moms, tumbuhkan minat belajar anak sejak dini dan jadilah guru baginya di rumah! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   guru,   guru di rumah,   guru untuk balita,   hari guru nasional