Mother&Baby Indonesia
Dahsyatnya Kekuatan Keluarga sebagai Sumber Kebahagiaan

Dahsyatnya Kekuatan Keluarga sebagai Sumber Kebahagiaan

Moms, apa sih yang menjadi sumber kebahagiaan Anda? Mungkin ada yang menjawab karier yang bagus, kesempatan traveling keliling dunia, atau mungkin keluarga Anda.

Ya, keluarga! Menurut psikolog Saskhya Aulia Prima, M.Psi, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sumber kebahagiaan seseorang adalah memiliki hubungan yang bermakna dalam keluarga. Hubungan yang bermakna inilah yang nantinya akan menjadi sumber kekuatan bagi masing-masing anggota keluarga untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

“Seluruh anggota keluarga harus bekerja sama dalam tim. Artinya, bapak dan ibu harus bersama dalam mengurus serta mengatur keluarga tersebut. Dan dalam tim tersebut harus ada komunikasi dalam kondisi emosi yang baik, sehingga tidak mudah baper alias terbawa perasaan. Agar tidak mudah baper, ayah dan ibu tentunya harus menguasai teknik mengolah perasaan,” jelas Saskhya dalam acara Bincang Shopee yang digelar di Ganara Art Space, Senayan City, beberapa waktu lalu.



Selanjutnya, Saskhya juga mengungkapkan bahwa hubungan yang dicari dalam keluarga adalah hubungan yang konsisten, bukan yang perfect alias sempurna. Misalnya, seorang ibu yang selalu berusaha menenangkan bayinya ketika menangis. Satu hal yang terpenting adalah usahanya, karena bagaimana pun juga tidak ada sosok ibu yang sempurna.


Menjadi Diri Sendiri

Pentingnya arti keluarga juga dirasakan oleh Joanna Alexandra, artis, influencer, sekaligus ibu dari empat orang anak. Bagi Joanna, keluarga adalah tempat baginya untuk bisa menjadi diri sendiri.

“Keluarga is my safe place!,” tegas Joanna. “Bagi saya, keluarga adalah tempat yang aman bagi saya untuk benar-benar bisa menjadi diri sendiri. Tempat yang aman bagi anak-anak saya untuk menjadi diri mereka sendiri. Banyak yang mengatakan bahwa anak-anak perlu mencari jati dirinya, padahal jati dirinya ya ada di dalam keluarga,” lanjut istri dari Raditya Oloan Panggabean tersebut.


Joanna mengaku, memiliki empat orang anak yang masih kecil-kecil memang bukan perkara mudah. Setiap hari, ia harus berbagi tugas dengan suami dalam mengurus Zuriel Paris Jedidiah, Zeraiah Moria Phinehas, Zoey Havilah Salajena, dan Ziona Eden Alexandra Panggabean.



“Pekerjaan yang terkadang memang terasa sangat melelahkan. Akan tetapi saya bersyukur, kebahagiaan saya tidak berkurang setelah berkeluarga. Melihat anak tidur atau belajar mewarnai saja sudah membuat saya bahagia,” ungkap Joanna yang memang bercita-cita memiliki keluarga besar.

Salah satu cara Joanna menjaga kekuatan keluarganya adalah dengan sering melakukan deep talk atau berbicara dari hati ke hati. “Sesungguhnya, kebiasaan kini berawal dari suami yang memang suka mengobrol. Jadi setelah menikah, ia suka mengulik-ngulik dan bertanya kepada saya, ‘Apa yang kamu rasakan?’. Dia suka memaksa saya memberikan detail tentang perasaan saya dan hal itu membuat saya belajar untuk benar-benar mengetahui perasaan diri sendiri,” tutur Joanna.

Hal yang sama juga diterapkan kepada anak-anak. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga bisa mengungkapkan apa yang dirasakan dan tidak memendam suatu masalah atau kekesalan.


Kekuatan Dua Bersaudara

Kekuatan keluarga juga menjadi inti dalam film Frozen 2: Find Your Magic. Bersama sang adik, Anna, Elsa berpetualang meninggalkan Arendelle untuk mencari sumber kekuatannya sekaligus menyelamatkan kerajaan mereka.

Frozen 2: Find Your Magic menjadi salah satu film yang paling ditunggu oleh anak-anak setelah kesuksesan Frozen pada 2013. Bukan hanya antusias untuk menyaksikan petualangan baru Anna dan Elsa, bersama Kristoff, Olaf, dan Sven, tapi Si Kecil tentunya tak sabar untuk memiliki berbagai merchandise dari Frozen 2.

Nah Moms, tidak perlu repot ke mal untuk mendapatkannya. Sejak 20 November, Shopee juga menyediakan merchandise resmi Frozen 2: Find Your Magic. Jadi tunggu apalagi Moms, ambil gadget Anda dan buka aplikasi Shopee! (Wieta Rachmatia/SW/Dok. M&B)



Tags: keluarga,   shopee,   kebahagiaan