Mother&Baby Indonesia
Tips Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak Anda

Tips Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak Anda

Bermain adalah salah satu hal yang paling disukai anak-anak. Aktivitas bermain tak hanya membuat mereka senang dengan memainkan sejumlah mainan, tapi juga bisa bermanfaat apabila mereka diberikan mainan edukatif. Memberikan mainan edukatif pada anak akan membantu Si Kecil untuk mengembangkan kemampuan dasarnya, seperti kognitif, sensorik, motorik, dan kreativitasnya.

Masalahnya, saat ini, tak sedikit orang tua yang mengalami kesulitan memilih mainan yang tepat untuk anak-anak mereka. Menurut Febiana Pratomo, M.Psi Psikolog Klinis Anak dari Rumah Dandelion, orang tua perlu memberi perhatian dalam memilih mainan anak.

“Memilih mainan yang tepat dapat memberikan anak beragam manfaat untuk tumbuh kembang mereka, seperti pemikiran kognitif, saraf sensorik, saraf motorik kasar dan halus, serta mengasah kreativitas anak. Dengan kegiatan bermain bersama anak, hubungan orang tua dan anak pun akan semakin lekat,” ujar Febi.





Tips Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak Anda

Dalam memilihkan mainan yang tepat untuk anak, Febi memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan para orang tua, yaitu:

1. Usia anak

Mainan dibuat berdasarkan kebutuhan anak dalam mencapai tahapan tumbuh kembangnya. Maka, berikan mainan yang sesuai dengan usia anak, agar ia dapat menikmati kegiatan bermain, tidak mengalami kesulitan yang bisa membuatnya frustrasi atau kemudahan yang bisa membuatnya cepat bosan.

2. Manfaat mainan

Selain menyenangkan, tentu saja mainan yang bagus bisa memberikan manfaat lebih, terutama untuk membantu tumbuh kembang anak, seperti motorik kasar dan halus, koginitif atau problem solving, bahasan dan sosial emosional, kreativitas, dan sensoris.

3. Kesukaan anak saat ini

Biasanya anak memiliki tema kesukaan di periode waktu tertentu. Memberikan mainan sesuai dengan kesukaan anak pada saat itu tentu saja menyenangkan bagi anak. Namun, orang tua juga dapat memberikan mainan dengan tema yang berbeda sesekali agar anak juga terpapar pada tema kegiatan lain.

4. Keamanan

Mainan yang bagus, dibuat dan dirancang dengan mempertimbangkan faktor keamanan. Beberapa hal yang penting untuk dipahami orang tua adalah chocking hazard, jenis bahan, wadah atau plastik pembungkus.



Nah, setelah Moms sudah membelikan mainan yang tepat untuk Si Kecil, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut:

Be excited! Jika Moms mengenalkan mainan tersebut dengan rasa excited pada Si Kecil, maka rasa tersebut pasti akan tertular padanya. Katakan padanya “Mainan ini seru lho, yuk main sama mama.”

Play together! Bermain bersama dengan Si Kecil tak hanya menyenangkan, namun bisa mempererat hubungan Anda dan Si Kecil juga.

Teach the children to take care of the toys. Cara sederhananya adalah dengan membiasakan Si Kecil untuk merapikan mainannya setalah bermain.

Donate the old toys. Daripada memenuhi ruangan, tak ada salahnya lho mendonasikan mainan Si Kecil yang menumpuk di rumah, khususnya mainan yang sudah tidak ia mainkan lagi.


Mainan Edukatif Sebagai Hadiah Akhir Tahun

Mendekati liburan akhir tahun, rasanya memberikan mainan edukatif untuk Si Kecil merupakan salah satu ide yang cemerlang. ELC sebagai spesialis mainan edukatif asal Inggris mempersembahkan 50 mainan edukatif yang telah didesain dan disesuaikan dengan usia, kebutuhan, serta keamanan anak yang bisa dijadikan acuan orang tua untuk memberikan hadiah kepada anak.

Rangkaian 50 mainan edukatif ELC terbagi atas usia dan kategori, yaitu baby, toddler, sport & outdoor activity, imagination, learning & creativity. ELC juga memberikan harga spesial untuk 50 mainan dengan harga spesial pada tanggal 14 November-29 December 2019. Selain itu, setiap pembelanjaan Rp.1.000.000, Moms akan mendapatkan ELC travel pillow yang berlaku di seluruh gerai ELC.

Agar akhir tahun lebih semarak, ELC juga akan mengadakan End of Season Sale yang akan dimulai tanggal 12 Desember 2019-26 Januari 2020. Akan ada banyak aktivitas seru yang akan diadakan di akun instagram ELC @elcindo. Waah, jangan sampai terlewat ya Moms! (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik, M&B)



Tags: anak,   mainan,   mainan anak,   mainan edukatif,   elc