Mother&Baby Indonesia
Ini Nutrisi yang bisa Membantu Tingkatkan Jumlah Sperma

Ini Nutrisi yang bisa Membantu Tingkatkan Jumlah Sperma

Pola makan memang dapat memengaruhi keadaan fisik atau kesehatan seseorang. Ya, kualitas tubuh seseorang dapat dilihat dari apa yang ia makan, termasuk aspek kesuburan atau fertilitasnya. Masalah kesuburan merupakan salah satu gangguan yang banyak dialami oleh pria saat ini. Salah satu tandanya adalah berupa rendahnya jumlah sperma.

Nah, jika Anda sedang berusaha memiliki momongan, tingkatkan kualitas sperma Anda, Dads. Salah satu cara agar Anda mempunyai sperma yang sehat adalah dengan asupan makanan yang tepat. Berikut ini sejumlah nutrisi penting yang perlu Anda asup untuk dapat membantu Anda meningkatkan jumlah sperma serta memiliki sperma sehat dan berkualitas sehingga Anda bisa cepat memiliki momongan.




1. Folat

Folat berperan penting dalam mendukung berbagai fungsi tubuh. Pada wanita hamil, folat berperan penting untuk mencegah dan menghindari risiko bayi cacat lahir. Sedangkan untuk pria, folat membantu Anda meningkatkan jumlah sperma dengan cara membentuk pertumbuhan dan regenerasi sel baru serta pembentukan sel darah merah.

Tubuh kita sendiri ternyata tidak dapat memproduksi asam folat. Namun Anda bisa mencukupi kebutuhan folat dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung nutrisi ini. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan folat tinggi adalah makanan yang bersumber dari hewan seperti daging dan hati; sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, tomat, dan wortel; buah-buahan seperti alpukat, dan pisang; kacang-kacangan dan biji-bijian, serta kuning telur.


2. Zinc

Zinc memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan seksual, tingkat testosteron, dan juga aktifnya pergerakan sperma. Selain itu, zinc juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayangnya, tak banyak jenis makanan yang mengandung nutrisi ini. Beberapa di antaranya adalah daging merah, hati sapi, kuning telur, tiram, dan bawang putih.


3. Asam Lemak Omega-3

Selain berguna untuk meningkatkan jumlah sperma, mengonsumsi jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bermanfaat untuk kesehatan karena memberi nutrisi pada tubuh. Tidak hanya secara fisik, asam lemak omega-3 juga dapat menyehatkan mental Anda, lho.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi adalah ikan, terutama salmon, dan jenis ikan lain seperti makarel, tenggiri, tuna, dan sarden. Anda juga bisa mengonsumsi jenis tiram dan kerang. Nutrisi ini juga terdapat pada sayuran, misalnya bayam, kale, dan brussel sprout; susu dan telur; kacang-kacangan dan biji-bijian.




4. Antioksidan

Fungsi antioksidan dalam tubuh adalah menangkal radikal bebas agar tidak memicu reaksi yang berkepanjangan yang bisa merusak berbagai sel penting dalam tubuh. Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, misalnya asap rokok, asap kendaraan bemotor, dan makanan yang terkontaminasi pestisida. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan makanan yang mengandung banyak antioksidan, selain untuk meningkatkan sperma Anda tentunya, Dads.

Ada banyak makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, misalnya buah-buahan seperti apel, pir, anggur, jeruk, pisang, dan stroberi; sayur-sayuran seperti brokoli, asparagus, dan tomat; serta kacang-kacangan seperti kacang merah, kenari, dan almond. Dark chocolate dan teh hijau juga bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk Anda.


5. Vitamin D

Makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi bisa meningkatkan level testosteron serta pergerakan sperma. Sumber utama vitamin D berasal dari sinar matahari. Meskipun begitu Anda juga bisa mendapatkannya dari sejumlah makanan, yakni ikan-ikanan seperti salmon, tuna, sarden, makarel; minyak ikan kod; kuning telur; udang, dan terutama susu.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin ini dari suplemen. Namun, jangan lupa, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai konsumsi suplemen tersebut dengan tepat.


6. Vitamin E

Vitamin E meningkatkan produksi dan kualitas sperma dengan cara melindunginya dari radikal bebas. Ya, vitamin ini juga memiliki fungsi antioksidan dan meningkatkan fungsi kekebalan serta melindungi dari penyakit.

Makanan yang memiliki kandungan tinggi vitamin E antara lain adalah sayuran seperti bayam, brokoli, lobak hijau, dan tomat; buah-buahan seperti alpukat dan mangga; kacang-kacangan seperti hazelnut dan almond; dan biji bunga matahari. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   sperma,   masalah kesuburan