Mother&Baby Indonesia
Manfaat Asparagus untuk MPASI Bayi Anda

Manfaat Asparagus untuk MPASI Bayi Anda

Si Kecil sudah berusia 6 bulan? Waktunya memperkenalkan MPASI padanya ya, Moms! Sangat penting untuk memberikan berbagai menu MPASI buat buah hati Anda yang tak hanya enak, namun juga kaya nutrisi. Salah satu makanan yang enak dan baik untuk dijadikan MPASI adalah asparagus, karena sayuran ini sangat kaya akan serat dan vitamin K.

Usia berapa sih, bayi boleh makan asparagus? Dan apa saja manfaat asparagus untuk Si Kecil? Nah, untuk menjawab pertanyaan Anda, simak info penting di bawah ini ya, Moms.




Kapan Bayi Boleh Makan Asparagus?


Asparagus memang jenis sayuran yang sehat dan enak, namun sebaiknya tidak dijadikan makanan pertama atau sayuran pertama yang dinikmati bayi Anda. Kenapa? Karena sama seperti kembang kol dan brokoli, asparagus juga bisa menyebabkan flatulence atau ‘buang angin’ berlebih.

Sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna membuatnya lebih sulit mencerna asparagus. Kalau sudah begini, konsumsi asparagus bisa membuat Si Kecil mengalami kolik, yang tentu membuatnya tidak nyaman dan rewel.

Lalu kapan bayi boleh makan asparagus? Menurut laman Mom Junction, sebaiknya bayi boleh menikmati MPASI asparagus ketika usianya sudah menginjak 8 hingga 10 bulan. Namun jika makanan yang lebih mudah dicerna saja bisa membuat perut bayi Anda bermasalah, lebih baik tunda pemberian asparagus hingga usianya mencapai 1 tahun.


Manfaat MPASI Asparagus untuk Bayi


Kaya vitamin, tentu juga kaya akan manfaat. Berikut beberapa manfaat asparagus sebagai MPASI untuk bayi Anda, Moms.

1. Mencegah Konstipasi

Seperti yang Moms ketahui, asparagus memang sangat kaya akan serat, yang tentu bermanfaat untuk mencegah konstipasi dengan melancarkan pencernaan.



2. Meningkatkan Fungsi Metabolisme

Asparagus mengandung berbagai vitamin B-kompleks yang membantu meningkatkan fungsi metabolisme bayi.

3. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Vitamin A, C, dan E banyak terkandung dalam asparagus. Ini baik untuk memperkuat sistem imun tubuh dan memerangi infeksi pada tubuh bayi lho, Moms.

4. Memperkuat Tulang

Sumber vitamin K yang baik? Tentu saja asparagus! Seperti yang Anda ketahui, vitamin K juga membantu tulang tumbuh kuat. Sebagai tambahan, vitamin K juga dibutuhkan tubuh untuk mencegah penyakit Alzheimer.


Resep MPASI Asparagus


Ada banyak cara untuk menghidangkan MPASI lezat dan sehat untuk bayi Anda. Caranya juga sangat mudah kok, Moms. Puree asparagus apel adalah salah satu resep mudah yang bisa Anda coba buat di rumah.

Campurkan ½ buah apel, 4 batang asparagus, dan 4 cangkir kaldu sayuran. Rebus hingga semuanya lunak, masukkan ke dalam food processor hingga sangat lembut, kemudian saring. Setelah itu, MPASI ini siap disajikan buat Si Kecil. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: asparagus,   mpasi,   makanan pendamping asi,   sayur,   bayi,   makanan