Mother&Baby Indonesia
Mengenal Minyak Hati Ikan Kod dan Manfaatnya untuk Anak

Mengenal Minyak Hati Ikan Kod dan Manfaatnya untuk Anak

Usia balita merupakan masa emas saat Si Kecil memasuki fase pertumbuhan fisik dan perkembangan cara berpikir yang cepat. Untuk menunjang tumbuh kembangnya, kemampuan fisik dan otaknya, Moms perlu berikan Si Kecil asupan nutrisi yang penting. Jika perlu, Anda juga bisa berikan Si Kecil asupan suplemen tambahan yang mengandung berbagai zat gizi utama. Salah satu suplemen yang mungkin bisa Anda berikan pada anak adalah minyak hati ikan kod. Yuk, kenali lebih jauh asupan satu ini, Moms!


Sejarah Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan kod telah digunakan oleh komunitas nelayan di Skotlandia, Islandia, dan dataran Greenland sejak beberapa abad yang lalu. Ketika itu, para nelayan mengonsumsi minyak hati ikan untuk melindungi tubuh dari serangan udara dingin di wilayah tersebut.



Ikan kod sendiri merupakan salah satu spesies ikan laut yang hidup di perairan dalam dan mampu bertahan hidup di habitat laut dingin. Umumnya, ikan kod memiliki berat sekitar 11 kg. Namun, ada juga yang bisa mencapai bobot hingga 90 kg dan panjang 1,8 m. Tak hanya dagingnya, para nelayan juga mengambil hati ikan kod untuk diolah hingga berbentuk minyak.

Proses pembuatan minyak hati ikan kod pada awalnya agak rumit. Setelah ikan dibersihkan dari darah dan kotoran yang menempel di tubuhnya dengan cara dicuci, hati dan kantong empedunya mulai dipisahkan.

Hati ikan kemudian dicelupkan ke dalam ketel berisi air, lalu dimasak dan diaduk hingga mendidih. Setelah minyak terlihat sudah terpisah dari hati ikan, minyak tersebut kemudian disaring dan ditiriskan.

Namun, kini pembuatan minyak ikan lebih mengedepankan pada proses pemanasan sempurna sehingga menghasilkan minyak hati ikan yang segar. Pemanasan dengan suhu yang lebih tinggi juga diyakini dapat membuat minyak hati ikan kod tidak berbau dan berwarna.


Manfaat Minyak Hati Ikan Kod

Manfaat minyak hati ikan kod telah lama dirasakan oleh para orang lanjut usia di seluruh dunia. Setiap takar yang diminum per harinya dipercaya mampu mengatasi gangguan rematik, nyeri otot, dan kaku pada persendian.

Pada tahun 1950-an, minyak hati ikan kod mulai banyak diteliti. Ternyata, adanya kandungan asam lemak Eicosapentaenic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) membuat minyak hati ikan kod ini juga berkhasiat untuk menyehatkan jantung dan sistem sirkulasi tubuh. Selain itu, minyak ikan ini mengandung berbagai nutrisi penting di dalamnya, antara lain vitamin A, vitamin D, dan asam lemak omega-3.



Minyak hati ikan kod dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh, yaitu:

• Memperlancar aliran darah, menjaga tekanan darah agar tetap normal serta mengurangi risiko terjadinya serangan jantung koroner. Dengan adanya kandungan EPA dan DHA, minyak ikan ini sangat berperan penting dalam memisahkan gumpalan-gumpalan trombosit darah.

• Minyak hati ikan kod juga dapat memperkuat tulang dan gigi Si Kecil. Hal ini dikarenakan minyak hati ikan kod sangat kaya akan kandungan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

• Berkat kandungan vitamin A, minyak hati ikan kod juga berfungsi mempertajam penglihatan, terutama saat malam hari.

• Kandungan vitamin A yang tinggi pada minyak hati ikan kod ini juga bisa menyehatkan kulit.

• Asam lemak omega-3 sangat bemanfaat untuk menunjang perkembangan otak, terutama bagi bayi yang baru lahir.

• Memperbaiki kerusakan tulang akibat gejala rematik. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   nutrisi,   suplemen,   minyak hati ikan kod