Mother&Baby Indonesia
Waspada Konsumsi Vitamin C Berlebihan bagi Kesehatan!

Waspada Konsumsi Vitamin C Berlebihan bagi Kesehatan!

Moms pasti sudah paham bahwa vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga sangat diperlukan dan penting bagi tubuh. Beberapa manfaat vitamin C bagi tubuh adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, membantu pembentukan kolagen, serta sebagai antioksidan buat tubuh.

Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan. Buah yang paling dikenal mengandung sumber vitamin C tinggi adalah jeruk. Selain jeruk, masih banyak buah lain yang memiliki kandungan tinggi vitamin C, misalnya jambu biji, kiwi, stroberi, mangga, leci, markisa, dan tomat. Vitamin C juga bisa Anda temukan pada aneka sayuran seperti kubis, brokoli, kembang kol, dan paprika.




Kebutuhan Rata-Rata Vitamin C pada Setiap Orang

Karena fungsinya yang penting bagi kesehatan, kita dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C secara rutin. Dikutip dari National Institutes of Health, AS, pria membutuhkan sekitar 90 mg vitamin C, sedangkan wanita sekitar 70 mg. Adapun untuk ibu hamil dan menyusui, kebutuhan vitamin C yang dianjurkan tentunya lebih tinggi.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada batas maksimal bagi tubuh untuk menyerap asupan vitamin C. Mengonsumsi vitamin C secara berlebih akan berbahaya bagi tubuh, dan tidak jarang mendatangkan penyakit. Menurut praktisi nutrisi, batas maksimum konsumsi vitamin C untuk orang dewasa setiap harinya tidak boleh melebihi 2.000 mg.


Gangguan Kesehatan Akibat Konsumsi Vitamin C Berlebihan

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan RI, berikut adalah efek samping yang disebabkan akibat konsumsi vitamin C berlebihan:

1. Risiko Diare dan Muntah-Muntah

Tergolong zat yang mudah larut, sisa pencernaan vitamin C yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dilarutkan melalui air seni. Sisa pencernaan vitamin C berlebih yang disalurkan melewati usus untuk dibuang justru menimbulkan permasalahan pada pencernaan.

2. Penyakit Batu Ginjal



Mengonsumsi vitamin C secara berlebih akan meningkatkan oksalat dalam urine. Hal tersebut dapat menghasilkan batu ginjal kalsium oksalat.

3. Risiko Diabetes

memiliki efek kadar gula dalam darah, konsumsi vitamin C berlebih berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Bagi Anda yang sudah terjangkiti diabetes sebaiknya perlu memperhatikan asupan suplemen vitamin C Anda.

4. Gangguan pada Proses Pengobatan Kanker

Vitamin C diketahui sebagai salah satu pencegah tumbuhnya kanker. Namun ternyata jika vitamin C mengalami kelebihan, vitamin C malahan dapat menjadi penghambat dari proses penyembuhan penyakit kanker.

5. Gangguan pada Kulit

Pemberian vitamin C secara langsung pada kulit akan memicu timbulnya alergi, ruam, dan iritasi pada kulit jika tidak tepat dosis.

Oleh karena itu sangat penting untuk memahami dosis tepat vitamin C yang sesuai kebutuhan agar Vitamin C mampu memberikan fungsi maksimal pada tubuh. Untuk meminimalkan risiko kelebihan vitamin C, direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin C dari beragam sayur dan buah dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   vitamin c








Cover Maret 2020