Mother&Baby Indonesia
Kebiasaan Sehat yang Harus Diajarkan ke Anak Sejak Dini

Kebiasaan Sehat yang Harus Diajarkan ke Anak Sejak Dini

Menjaga tubuh agar tetap sehat tidak hanya dipengaruhi dari makanan yang dikonsumsi. Sehat yang sesungguhnya juga didapat dari pola makan serta kebiasaan baik yang dilakukan setiap hari. Jadi, tak ada salahnya untuk membiasakan Si Kecil melakukan aktivitas yang membuat tubuh terhindar dari penyakit.

Di Hari Kesehatan Nasional ini, Moms dan Dads bisa mulai mengajarkan kebiasaan-kebiasaan yang sehat kepada anak sedini mungkin. Sebab, perilaku sehat yang sudah biasa dilakukan sejak kecil bisa ia bawa hingga ia dewasa nanti. Simak penjelasannya dan terapkan dalam hidup Anda, yuk!




1. Mengucapkan "Tolong", "Maaf", dan "Terima Kasih"

Tiga kata ajaib ini menjadi penting untuk diajarkan dan dipahami oleh Si Kecil. Sebab, mereka akan menjadi lebih menghargai orang lain, serta tahu cara mensyukuri apa yang ia punya. Anda bisa membiasakan perilaku ini setiap berkomunikasi dengan anak tentunya.


2. Mencuci Tangan

Baik setelah bermain atau sebelum makan, biasakan anak untuk mencuci tangannya terlebih dahulu. Ini akan membantunya terhindar dari kuman dan virus penyakit, serta paham cara paling sederhana dalam menjaga kebersihan.


3. Table Manners

Agar kegiatan makan bersama bisa lebih menyenangkan, kenalkan Si Kecil tentang sopan santun di atas meja. Misalnya, tidak mengecap atau berbicara ketika mengunyah atau posisi duduk yang benar saat makan. Hal ini akan membantunya lebih sopan dengan orang lain, terutama saat beranjak dewasa.


4. Pola Makan Sehat

Seperti dijelaskan di atas, bahwa makanan sehat harus didukung dengan pola makan sehat. Misalnya, berikan ia buah-buahan saat snack time atau membiasakannya untuk sarapan agar membantu otak lebih fokus ketika beraktivitas. Hindari mengonsumsi junk food untuk menghindari risiko berbahaya bagi kesehatan.


5. Bermain di Luar Rumah

Terlalu sering main gadget bisa membuat anak susah bersosialisasi hingga menganggu kesehatan mata. Jadi, biasakan Si Kecil untuk beraktivitas di taman atau berolahraga bersama di sore hari atau akhir pekan ya, Moms.




6. Rutin Sikat Gigi

Para dokter gigi menyarankan agar anak-anak maupun orang dewasa harus rutin menyikat gigi, minimal dua kali sehari. Hal ini sangat penting, terutama setelah Si Kecil konsumsi makanan-minuman manis agar giginya tetap sehat.


7. Buang Sampah pada Tempatnya

Menjaga lingkungan tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan akan menghindarkan bakteri, kuman, dan virus dari berbagai penyakit. Jadi, ajak Si Kecil untuk mau membuang sampah pada tempatnya dimana pun ia berada.


8. Tidur Tepat Waktu

Agar tubuh bisa beristirahat, maka penting untuk tidur tepat waktu, khususnya di malam hari. Buatlah jadwal tidur minimal 8 jam untuk Si Kecil, sehingga ia bisa lebih segar dan semangat menjalankan aktivitas di keesokan hari.


9. Toilet Training dan Mandi Sendiri

Ketika Si Kecil sudah mampu duduk sendiri, Moms dapat menerapkan toilet training padanya. Dan setelah memasuki usia 3 tahun, ajarkan ia untuk mandi sendiri. Hal-hal ini bisa menjadi ajang anak Anda untuk belajar mandiri, serta belajar menjaga kebersihan dirinya sendiri.


10. Tahu Nilai Uang

Apabila Si Kecil sudah mulai mengenal uang, Anda perlu mengajarkannya tentang nilai dari uang tersebut. Misalnya, minta ia untuk menabung untuk mendapatkan keinginannya dari uang tersebut. Hal ini akan membuatnya lebih bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan, bahkan dalam situasi lain di masa depan. (Vonia Lucky/SW/ Dok. Freepik)



Tags: balita,   kebiasaan,   kesehatan