Mother&Baby Indonesia
Tips agar Si Kecil Tidak Demam Panggung

Tips agar Si Kecil Tidak Demam Panggung

Menjelang akhir tahun, biasanya sekolah-sekolah atau kelompok bermain menggelar penampilan seni siswa. Wah, Anda tentu sudah tak sabar untuk menyaksikan aksi Si Kecil di atas panggung ya, Moms.

Tentunya ada rasa kebanggaan tersendiri ketika Moms melihat penampilan buah hati Anda saat bernyanyi, menari, atau mungkin bermain drama di depan orang banyak. Akan tetapi harus diakui, tidak semua anak merasa nyaman berada di atas panggung dan menjadi perhatian orang banyak.

Tidak jarang, anak justru merasa demam panggung sehingga lupa atau tidak bisa menampilkan performa terbaiknya. Daripada Moms ikut senewen, yuk coba tips anti-demam panggung bagi Si Kecil berikut ini.




1. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Fokuslah pada kelebihan anak, bukan pada kekurangannya. Yakinkan Si Kecil bahwa ia bisa tampil baik di depan umum. Jika ia ingin tampil di panggung pertunjukan, pastikan penampilannya sudah baik. Jangan lupa berikan kata-kata penyemangat, misalnya "Kamu pasti bisa" atau "Kamu hebat".


2. Ikuti Proses Latihan

Sangat disarankan buat Moms untuk mengikuti proses latihan anak. Apabila Moms bekerja, mungkin Anda bisa sesekali menyempatkan diri melihat Si Kecil berlatih dan berkomunikasi dengan guru atau pembimbingnya. Tanyakan apakah anak Anda memiliki masalah dalam berlatih atau tidak. Jika jawabannya "Ya", tidak ada salahnya membantu Si Kecil berlatih di rumah sekaligus memupuk rasa percaya dirinya.

Sebagai catatan, sebaiknya Moms tidak memaksa anak untuk berlatih keras apabila suasanya hatinya memang sedang tidak baik. Alih-alih semakin bagus, penampilannya mungkin malah akan menjadi tidak maksimal.




3. Jaga Kondisi

Keberhasilan anak untuk bisa tampil juga tergantung pada orang tuanya lho, Moms. Menjelang hari H, Moms perlu memastikan Si Kecil mendapat cukup istirahat dan kondisi tubuhnya tetap fit. Caranya adalah dengan memastikan asupan gizinya terjaga dengan baik. Jika perlu, Moms bisa memberinya suplemen atau vitamin khusus anak guna memastikan kesehatan anak tetap terjaga di tengah padatnya jadwal latihan.


4. Jangan Tegang

Rasa tegang, gugup, gelisah, atau nervous kerap dialami Si Kecil ketika akan tampil. Nah, Moms jangan ikut-ikutan tegang ya, karena hal itu hanya akan menambah rasa takut anak. Sebailknya, Anda harus berusaha untuk mengatasi ketegangan dengan mengajak Si Kecil bercanda. Lelucon biasanya bisa mencairkan suasana. Hati anak akan menjadi lebih gembira dan tidak canggung lagi. Hal ini cukup efektif untuk menghilangkan kekhawatiran Si Kecil.


5. Datang Lebih Awal

Pada hari yang telah ditentukan untuk tampil, usahakan agar Si Kecil datang lebih awal. Hal ini penting agar anak bisa beradaptasi dengan suasana di lingkungan panggung dan memiliki waktu lebih leluasa untuk mempersiapkan diri.

Jangan datang terlalu mepet waktu karena hanya akan membuat anak merasa semakin grogi dan tergesa-gesa, khususnya jika ia harus menyiapkan perlengkapan penampilan. Datang lebih awal akan membuat anak lebih rileks. Jangan lupa dampingi anak hingga ia selesai tampil agar lebih percaya diri.

Namun, satu hal yang paling penting adalah menghargai usaha anak untuk mau tampil di depan orang banyak. Apa pun hasilnya, jangan lupa untuk memberikan tepuk tangan, menyemangati, dan berikan pujian atas usahanya tersebut. Terkadang orang tua lupa bahwa penampilan anak tidak hanya dinilai dari keberhasilannya saja, tapi juga keberaniannya untuk mengindahkan rasa malu sehingga bisa berada di atas panggung. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   demam panggung,   percaya diri








Related Article