Mother&Baby Indonesia
Parent-Led Schedule, Gaya Penerapan Rutinitas buat Bayi

Parent-Led Schedule, Gaya Penerapan Rutinitas buat Bayi

Moms, apakah Anda termasuk orang tua yang mengatur ketat jadwal yang teratur untuk bayi Anda Menurut para ahli pengasuhan anak, ada beberapa macam gaya penerapan rutinitas untuk bayi. Jika Anda mungkin pernah membaca artikel M&B mengenai Baby-Led Schedule, kini Anda akan kami ajak untuk mengenal tentang Parent-Led Schedule. Yuk, baca dan kenali gaya penerapan rutinitas satu ini, Moms!


Apa Itu Parent-Led Schedule?

Sesuai dengan namanya, Parent-Led Schedule berarti Andalah sebagai orang tua yang mengatur agenda sehari-hari Si Kecil, biasanya berupa spesifik timetable kapan Si Kecil makan, tidur, dan bermain.



Orang tua yang menerapkan pendekatan ini jarang sekali menyimpang dari jadwal yang telah dibuat. Banyak yang mengatakan bahwa jadwal yang teratur dan konsisten mengikuti jadwal tersebut akan memberikan struktur kegiatan yang harus dimiliki Si Kecil.


Apa Dasar Pemikiran dari Gaya Penerapan Rutinitas Parent-Led Schedule?

Para ahli yang pro dengan Parent-Led Schedule mengatakan bahwa pendekatan ini didasarkan pada penelitian selama bertahun-tahun terhadap ritme natural bayi dan sesuai dengan perkembangan mereka di berbagai varian umur. Ketika kegiatan rutin sehari-hari Si Kecil sudah diatur sejak awal, maka ia akan lebih mudah untuk beradaptasi dan bisa tidur lelap di malam hari dengan lebih cepat.

Para ahli yang setuju dengan pendekatan gaya pengaturan rutinitas untuk bayi ini berpendapat bahwa Anda sebaiknya tidak menyusui bayi dengan hanya melihat tanda-tanda yang diberikan olehnya. Mereka berargumen bahwa setiap tangisan bayi dapat diartikan sebagai lapar, apalagi oleh orang tua yang baru pertama kali memiliki anak. Begitu pula dengan pola tidur.

Mereka juga mengatakan bahwa orang tua harus menyetel jadwal tidur yang sesuai dengan Si Kecil. Anda sendirilah yang menentukan kapan Si Kecil tidur.


Bagaimana Menerapkan Parent-Led Schedule?

Kunci utamanya adalah menciptakan jadwal dan konsisten. Penekanannya adalah mengikuti jadwal tersebut dengan tepat setiap hari, tanpa terpengaruh hal lain untuk memastikan Si Kecil beradaptasi dengan jadwal tersebut.



Semua dilakukan pada waktu yang telah ditentukan, tidur, makan, bermain, dan lain-lain. Kegiatan ini akan berubah sedikit demi sedikit seiring Si Kecil yang bertambah besar. Namun, pada umumnya, perubahan waktunya tidak terlalu signifikan.


Apa Keuntungan dari Penerapan Metode Parent-Led Schedule?

Parent-Led Schedule dapat menciptakan tatanan dan ritme yang teratur untuk Si Kecil, yang dapat menyamankan, baik Si Kecil maupun orang tua dan pengasuh. Semua orang tua yang mencoba metode ini mengaku bahwa Si Kecil dapat beradaptasi dengan baik dengan konsistensi yang mereka ciptakan. Si Kecil juga jadi lebih bahagia karena dapat tidur dengan nyenyak saat malam hari dan kebutuhannya terpenuhi.

Bagi orang tua baru, Parent-Led Schedule juga dapat menjamin mereka memiliki waktu tidur yang lebih baik. Dan karena metode ini sangat konsisten dan mudah diprediksi, beberapa orang tua mengaku jadi lebih mudah untuk mengatur rutinitas mereka sendiri, yang terkadang biasanya banyak berubah dengan kehadiran Si Kecil.


Apa Kerugian dari Penerapan Metode Parent-Led Schedule?

Jadwal yang ketat terkadang sangat menyulitkan orang tua. Memastikan Si Kecil berada dalam jadwal yang seharusnya, berarti diperlukan waktu ekstra untuk memastikan hal tersebut. Metode ini juga menyulitkan ketika Anda sedang bepergian atau beraktivitas dengan Si Kecil di luar rumah.

Umumnya, orang tua yang cocok dengan metode Parent-Led Schedule ini adalah orang tua dengan kegiatan dan rutinitas yang sama setiap hari, dan tak keberatan mengurangi aktivitas di luar rumah. Nah, bila Moms dan Dads termasuk orang tua jenis ini, kenapa tidak mencoba gaya penerapan rutinitas ini pada Si Kecil? Hasilnya bisa Anda ceritakan pada kami setelah itu. Bagaimana? (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   pengasuhan anak,   rutinitas bayi,   parent-led schedule