Mother&Baby Indonesia
Ciptakan Playdates Asyik bagi Bayi Anda dan Temannya

Ciptakan Playdates Asyik bagi Bayi Anda dan Temannya

Moms, perhatikan bagaimana Si Kecil mencoba mencari teman. Ada yang dimulai dari saling tatap, ada pula yang diawali dengan saling sentuh. Lucu, deh.

Seperti halnya orang dewasa, Si Kecil juga perlu belajar bersosialisasi. Itulah sebabnya, psikolog perkembangan anak menyarankan agar Moms memberikan waktu kepadanya untuk bergaul. 

Bermain dengan diri sendiri atau bersama Anda, tentu berbeda dengan bermain bersama anak lain. Si Kecil perlu toleransi, sabar, dan berhati-hati. Sebuah keterampilan emosi yang harus ia miliki sampai dewasa nanti.



Moms dapat membantu Si Kecil mengembangkan keterampilan itu dengan mengajaknya bermain bersama anak-anak lain atau dengan mengundang anak-anak itu untuk datang ke rumah Anda. Tentu saja, Anda yang harus mengatur playdates atau janji bermain Si Kecil dengan anak seusianya. 

Dalam berteman, beda usia tentu beda caranya. Para bayi mungkin memulai pertemanan dengan bayi lain dengan cara saling sentuh. Lalu mereka akan saling berbalas senyum. Kemudian bergandeng tangan dan asyik bermain bersama.


Saat Si Kecil Berusia di Bawah 8 Bulan

Ia perlu teman bermain

Di usia ini, Si Kecil sangat mudah tersenyum bahkan tertawa di hadapan Anda atau keluarga dekat. Akan tetapi begitu ia berada di lingkungan yang asing, senyum itu akan hilang.

Hal ini wajar sebab walau kemampuan sosialnya berkembang, Si Kecil juga merasa khawatir dan waspada terhadap orang asing. Dengan merencanakan acara bermain bersama, Si Kecil akan belajar untuk menghilangkan rasa khawatir itu. Ia juga akan belajar untuk menikmati saat-saat bersosialisasi dengan orang baru yang ditemui saat bermain bersama.

Ia meniru Anda

Sebaiknya, Anda tidak perlu terlalu berharap janji bermain bersama ini akan sukses. Apalagi jika pada kesehariannya, Si Kecil terbiasa hanya diasuh oleh orang-orang tertentu. Anak Anda mungkin membutuhkan waktu untuk mengenal dan membaca situasi sebelum menjadi akrab dengan orang lain yang baru ia jumpai, termasuk teman seusianya. 

Memaksa Si Kecil untuk segera akrab mungkin malah akan membuatnya takut. Jadi Moms, santai saja. Untuk membantu Si Kecil, Moms bisa menunjukkan bahwa Anda bisa akrab dengan orang lain juga, misalnya dengan ibu teman bermain Si Kecil. Dengan begitu, Si Kecil tentu akan berusaha meniru Anda.




Saat Usia 8-12 Bulan

Si Kecil memukul untuk bersahabat

Situs www.itsamomsworld.com menulis, setelah Si Kecil memiliki pengalaman playdates, ia akan semakin nyaman bermain bersama teman sebayanya. Tapi perhatikan, Si Kecil tidak akan bermain dengan semestinya. Ia mungkin hanya “menonton” anak lain dan sangat mungkin berinteraksi dengan cara menyentuh, memukul, atau meremas temannya.

Meski terlihat sangat bermusuhan, hal tersebut adalah normal, lho. Buktinya, perhatikan bagaimana reaksi anak lain yang dipukul Si Kecil? Biasanya ia tidak menangis, justru memandang dan memperhatikan Si Kecil.

Anda harus memilihkan aktivitas

Sediakan alat permainan ini atau lakukan aktivitas berikut ketika Anda mengatur janji bermain dengan teman Si Kecil, yaitu:

• Berbagai mainan balok susun atau lilin plastisin. Lego berukuran besar, dan mainan-mainan lain yang memerlukan kerja sama.

• Bermain di kolam renang atau kolam plastik. Permainan tentu akan semakin seru jika Moms menyediakan berbagai mainan apung atau bola plastik di dalam kolam.

• Bola atau mainan beroda akan menjadi alat permainan seru. Si Kecil dan temannya bisa belajar untuk berbagi dan bermain secara bergiliran dengan seru. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   playdates,   bayi playdates