Mother&Baby Indonesia
Inspirasi & Tips untuk Menata Kamar Bayi Kekinian

Inspirasi & Tips untuk Menata Kamar Bayi Kekinian

Salah satu bagian paling menyenangkan dari menyambut kelahiran Si Kecil adalah: Mempersiapkan sekaligus merancang kamar bayi! Ya, Anda perlu menata kamar spesial yang satu ini semenarik mungkin, namun setiap sudutnya harus tetap berfungsi optimal. Berita baiknya, mendesain kamar bayi kini tidak harus serba warna pastel (pink untuk bayi perempuan dan biru muda untuk bayi lelaki).

Ada banyak trik menarik untuk mendesain kamar bayi agar terlihat kekinian. Penasaran? Simak beberapa inspirasi kamar bayi kekinian berikut ini yuk, Moms.




Cool Crib!


Tempat tidur bayi atau biasa disebut crib adalah titik paling menonjol dari sebuah kamar bayi. Untuk itu, carilah tempat tidur bayi yang modern atau berbeda dari tempat tidur bayi pada umumnya. Nah, tempat tidur berbentuk oval bisa menjadi pilihan sempurna nih, Moms.


Baca Juga: Tips Menyiapkan Kamar Bayi yang Aman dan Nyaman


Think Modern


Saat ini kamar bayi bergaya Scandinavian sedang ngetren! Tidak ada salahnya untuk menerapkan gaya interior seperti ini di kamar bayi Anda. Gaya Scandinavian sangat sederhana, namun tetap fungsional dan enak dipandang. Dijamin Moms semakin betah berduaan dengan Si Kecil di kamar seperti ini.


Baca Juga: 5 Tips Menyiapkan Kamar Nyaman untuk Bayi


Halo, Baby Grey!


Bagi Anda yang memilih warna gender-neutral, pilihlah warna abu-abu atau light grey sebagai warna utama di kamar bayi Anda. Anda bisa memadukan warna abu-abu dengan warna pekat lainnya. Hasilnya? Kamar bayi Anda akan terlihat modern dan timeless!


Baca Juga: Pertimbangkan 5 Hal Berikut saat Merancang Kamar Bayi




Dare to Be Bold!


Kabar baik untuk para penggemar warna cerah, karena seorang pakar dunia parenting, Dr. Sears, mengatakan kalau warna cerah dapat membantu menstimulasi kemampuan anak dalam melihat.

Dalam bukunya ia menuliskan, “Cara terbaik bagi orang tua untuk menstimulasi penglihatan bayi adalah menggunakan garis-garis hitam putih atau warna kontras gelap dan terang lainnya. Lalu bagaimana dengan warna pastel? Walau warna pastel memang bagus untuk dilihat, namun tidak ada fungsinya untuk penglihatan bayi. Penelitian telah membuktikan kalau warna kontras hitam-putih sangat kuat untuk menstimulasi retina bayi dan mengirimkan signal visual paling kuat ke otak bayi. Semakin kuat signal tersebut artinya semakin baik perkembangan otak dan visual bayi.”


Baca Juga: Tips Mengatur Kamar Anak Sesuai Feng Shui


Keep it Simple!


Jika anak Anda masih newborn, sebaiknya dekorasi kamar bayi dibuat sesederhana mungkin saja. Tidak perlu memberikan terlalu banyak bantal, guling, selimut, dan boneka di dalam tempat tidur bayi, karena itu semua bisa meningkatkan risiko SIDS (sindrom kematian mendadak pada bayi).


Baca Juga: Bebas Berkreasi, Ciptakan Kamar yang Nyaman untuk Anak


Reading Spot


Agar Si Kecil gemar membaca, bacakan ia buku sejak dini! Untuk itu sangat penting untuk memiliki sudut ruang yang nyaman untuk dijadikan tempat membacakan anak buku cerita. Nah, mendirikan tenda kecil di dalam kamar bisa menjadi cara menarik untuk menghabiskan waktu berdua Si Kecil, untuk sekadar ‘ngobrol’ atau membacakan buku cerita. Ketika ia sudah lebih besar, tenda ini juga bisa menjadi ‘rumah’ yang pasti ia sukai. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: tips kamar bayi,   menata kamar bayi,   dekorasi kamar bayi,   desain kamar mandi