Mother&Baby Indonesia
Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Melahirkan di Rumah

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Melahirkan di Rumah

Walaupun sudah lama ngetren, home birth atau melahirkan di rumah tetap banyak diminati para Moms hingga saat ini. Contoh saja Meghan Markle, The Duchess of Sussex, yang belum lama ini memilih untuk melahirkan Prince Archie di rumahnya. Menurut banyak sumber, Meghan lebih memilih home birth karena ia menginginkan suasana melahirkan yang tenang dan alami.

Sependapat dengan itu, para Moms yang ingin melahirkan di rumah juga tentu ingin terbebas dari kesan seram ruang bersalin. Tak heran home birth atau melahirkan di rumah masih banyak peminatnya, ya. Walau begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan persiapkan sebelum melahirkan di rumah. Mengutip Junior Magazine, Lizz Halliday, Deputy Head of Midwifery di Private Midwives, memberikan beberapa kunci agar Anda sukses melahirkan di rumah.




1. Bidan yang Cocok dengan Anda

Persalinan di rumah membutuhkan bantuan bidan yang cocok dengan Anda. Untuk itu, pastikan bidan Anda akan hadir kapan pun Anda telah menunjukkan tanda-tanda akan segera melahirkan. Tanyakan segala pertanyaan yang mengganjal di benak Anda, dan pastikan jawabannya sesuai dan cocok dengan Anda.


2. Rumah Anda juga Harus Siap

Walau home birth tidak membutuhkan tempat yang luas, namun Anda tentu butuh privacy. Anda dan bidan juga butuh akses ke toilet, air mengalir, dan area untuk meletakkan peralatan sang bidan. Siapkan juga akses terbaik untuk ambulans (jika dibutuhkan).


3. Kehadiran Orang-Orang Terdekat

Selain suami, apakah Anda membutuhkan kehadiran keluarga atau sahabat? Hanya Anda yang tahu jawabannya. Ada orang yang saat melahirkan hanya ingin ditemani suami tercinta, namun ada juga yang hanya ingin ditemani keluarga dan sahabat. Jika Anda salah satunya, maka ‘booking’ kehadiran mereka sejak jauh-jauh hari, agar mereka bisa hadir saat Anda melahirkan.




4. Pikirkan Si Kakak

Jika ini ini adalah persalinan kedua atau lebih, maka pikirkan siapa yang akan menjaga Si Kakak saat Anda melahirkan. Atau mungkin Anda justru ingin melahirkan di rumah ditemani anak Anda? Sekali lagi, hanya Anda yang tahu jawabannya, karena bagaimana reaksi anak tentunya hanya Anda yang tahu. Persiapkan mental Si Kecil ya, Moms, baik untuk menemani persalinan maupun untuk menyambut kelahiran Si Adik.


5. Siapkan Strategi Melepas Stres

Melahirkan di rumah tidak membuat Anda bebas dari sensasi seru kontraksi. Namun karena melahirkan di rumah, Anda memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak mencari titik nyaman agar persalinan lancar. Anda mungkin bisa berendam air hangat, hipnoterapi, atau bergerak nyaman di sudut favorit Anda di rumah. Bicarakan dengan bidan Anda mengenai strategi bebas stres jelang bersalin ya, Moms.


6. Selalu Siapkan Rencana Lain

Walau Anda yakin persalinan di rumah ini akan berjalan lancar, namun tidak ada salahnya mempersiapkan ‘plan B’, Moms. Persiapkan sejak jauh-jauh hari, ke rumah sakit mana Anda akan dibawa jika persalinan tidak berjalan sesuai rencana. Siapkan mobil pribadi atau ambulans yang bisa segera melarikan Anda ke rumah sakit terdekat.

Semua ini perlu dilakukan bukan untuk menakut-nakuti Anda, tetapi karena bersiap untuk kemungkinan terburuk akan jauh lebih baik dibanding tidak ada persiapan sama sekali. Semoga persalinan Anda berjalan lancar ya, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: home birth,   melahirkan,   persalinan,   bidan,   doula