Mother&Baby Indonesia
Bagaimana cara Suami Workaholic bisa Akrab dengan Anak?

Bagaimana cara Suami Workaholic bisa Akrab dengan Anak?

T: Suami saya sangat workaholic, sampai-sampai tidak akrab dengan anaknya sendiri (umur 5 tahun). Bagaimana ya, caranya agar hubungan mereka akrab lagi?

J: Untuk menghangatkan kembali hubungan antara ayah dan anak, cobalah untuk mengondisikan situasi di mana si ayah harus melakukan kegiatan bersama anak. Kegiatan tersebut haruslah kegiatan yang menyenangkan dan hanya dilakukan oleh mereka berdua saja.

Kegiatan seperti apa, sih? Enggak perlu kegiatan mewah seperti pergi liburan ke taman bermain di luar negeri kok, kegiatan sederhana saja juga sudah cukup. Kegiatan tersebut bisa sekadar melakukan kegiatan di rumah, seperti menemaninya bermain, jalan kaki di sore hari, memandikan Si Kecil, atau sekadar makan malam bersama.



Haruskah Moms ikut? Tidak perlu, sekali ini biarkan mereka melakukan berbagai kegiatan seru tersebut berduaan saja. Tentunya, si ayah juga perlu diberi pemahaman tentang pentingnya keterlibatan ayah bagi tumbuh kembang anak ya, Moms.

Ayah perlu tahu, kalau Si Kecil tidak hanya membutuhkan sosok ibu saja, karena anak juga butuh sosok ayah. Berikan suami Anda informasi parenting yang kredibel, yang diperoleh dari sumber tepercaya, supaya si ayah bisa diyakinkan.



Selain itu, upaya lain yang bisa dilakukan adalah pergi berlibur bersama, namun ciptakan situasi di mana si ayah lah yang menjaga atau mengurus anak. Tidak harus seharian penuh kok, Moms, cukup untuk saat-saat tertentu saja.

Kemudian, penting juga untuk membuat kesepakatan dengan si ayah, kapan ia bisa fokus dengan pekerjaannya, dan kapan ia harus membagi waktu untuk fokus dengan keluarga.

Dijawab oleh Dessy Ilsanty, M.Psi, Psikolog. (M&B/TW/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   ayah,   suami,   suami workaholic,   akrab dengan anak