Mother&Baby Indonesia
Jenuh Setelah Lama Menikah, Bagaimana Mengatasinya?

Jenuh Setelah Lama Menikah, Bagaimana Mengatasinya?

T: Setelah lama menikah, kami mulai jenuh. Apa tips agar pernikahan kembali harmonis seperti saat baru menikah?

J: Biasanya hubungan pernikahan jenuh karena menjalani rutinitas yang sama setelah sekian lama. Banyak orang jenuh jika melakukan kegiatan yang sama, berinteraksi dengan orang yang sama, dan dengan cara yang sama selama bertahun-tahun.

Sebaiknya ini memang jangan dibiarkan terjadi dalam pernikahan. Untuk mempertahankan pernikahan memang perlu upaya nyata, usaha yang gigih dari kedua belah pihak, untuk saling mempertahankan ketertarikan terhadap satu sama lain.



Beberapa cara yang dapat dilakukan (lagi) adalah:

• Lakukan kegiatan atau hobi baru bersama. Siapa tahu Anda berdua bisa menemukan kebiasaan baru, jadi seperti mengenal orang baru lagi.

• Ciptakan waktu untuk pergi berdua seperti dulu. Diingat-ingat lagi rasa bahagia saat kencan pertama zaman pacaran dulu.

• Lebih sering mengungkapkan kasih sayang pada pasangan. Tidak perlu malu dan jangan ragu-ragu, Moms!



• Lakukan sentuhan fisik lebih sering, seperti membelai kepala pasangan, memeluk erat, atau mencium mesra pasangan Anda.

• Beri kejutan sederhana. Misalnya suami memberi bunga kesukaan istri, atau Anda memberi kejutan muncul di kantornya untuk makan siang bersama.

• Berlibur berdua. Memang Anda harus cermat mengatur strategi untuk menjaga Si Kecil, namun itu layak dilakukan untuk mempererat hubungan suami-istri, lho.

• Perbaiki komunikasi dengan pasangan. Lakukan percakapan yang intim sambil membahas perasaan masing-masing.

Dijawab oleh Dessy Ilsanty, M.Psi, Psikolog. (M&B/TW/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   suami istri,   pernikahan