Mother&Baby Indonesia
Kenapa Belum Juga Menstruasi Pasca Operasi Caesar?

Kenapa Belum Juga Menstruasi Pasca Operasi Caesar?

T: Beberapa waktu lalu saya melahirkan anak ketiga dengan operasi caesar. Sampai saat ini saya belum juga menstruasi. Apakah hal ini normal? Mengapa bisa selama ini? Teman saya bahkan ada yang sampai 1 tahun lebih tidak menstruasi setelah melahirkan dan full meng-ASI-hi bayinya. Katanya itu KB alaminya, apakah benar demikian?

J: Anda tidak perlu cemas bila menstruasi belum kunjung datang usai melahirkan, karena hal ini normal terjadi. Setelah melahirkan, hampir semua wanita akan mengalami siklus menstruasi yang tidak menentu. Ada beberapa wanita yang baru kembali mengalami menstruasi 6 bulan, bahkan 1 tahun pasca-persalinan.

Ini adalah kondisi normal, terutama jika Anda memberikan ASI eksklusif. Mengapa? Ketika menyusui, kelenjar hipofisis Anda akan mengeluarkan hormon prolaktin. Hormon ini berfungsi untuk merangsang produksi susu, namun menekan terjadinya ovulasi. Dengan tidak terjadinya ovulasi, menstruasi jadi datang lambat, sehingga bisa saja ibu menyusui tidak menstruasi.



Pemberian ASI eksklusif memang bisa menjadi salah satu metode kontrasepsi, asalkan caranya benar. Jika seorang wanita aktif memberikan ASI, maka hormon wanitanya belum normal sehingga menyebabkan ia belum haid. Hal ini bisa berlangsung lama, tergantung dari seberapa sering dan seberapa lama ia memberikan ASI kepada bayinya.

Namun, jika Anda merasa ragu mengenai soal ini, Anda bisa berkonsultasi ke dokter ahli, Moms.



Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes., dari MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, Jakarta.

(M&B/Vonda Nabilla/ND/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu melahirkan,   menstruasi usai melahirkan,   asi eksklusif,   menstruasi,   haid








Related Article