Mother&Baby Indonesia
Penelitian: Bayi Paling Sering Lahir di Jam-Jam Ini

Penelitian: Bayi Paling Sering Lahir di Jam-Jam Ini

Buat Anda ibu hamil yang akan segera melahirkan, Anda mungkin sedang bersiap-siap menyambut kelahiran bayi mungil Anda, sambil bertanya-tanya, kapan ya, kiranya Si Kecil akan lahir ke dunia? Nah, sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa ada waktu tertentu yang ‘populer’ untuk bayi lahir lho, Moms.

Rasa mulas dan kontraksi jelang waktu persalinan memang bisa terjadi kapan saja pada ibu hamil jelang proses melahirkan. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada jam-jam favorit bagi bayi untuk hadir ke dunia setelah melewati proses persalinan?




Waktu Favorit buat Bayi Lahir ke Dunia

Sebuah penelitian dari University College London (UCL), Inggris, mengungkapkan bahwa melalui analisis yang dilakukan terhadap 5 juta persalinan selama hampir 10 tahun di Inggris, waktu favorit bagi bayi untuk lahir adalah dini hari menjelang pagi, yakni pada pukul 01.00 hingga pukul 06.59.

Ada 71,5 persen bayi yang lahir melalui persalinan normal pada waktu tersebut. Dan di antara jam-jam itu, kelahiran yang paling sering terjadi adalah pada sekitar pukul 4 pagi. Sementara hanya ada 28,5 persen yang lahir normal pada jam kerja, yaitu antara pukul 09.00 hingga pukul 17.00.

Sedangkan pada persalinan caesar, penelitian tersebut mengungkapkan hal ini biasanya terjadi pada hari kerja antara pukul 09.00 hingga pukul 11.59, dan yang paling sering terjadi adalah pada pukul 09.50 hingga pukul 10.59. Jarang sekali terjadi proses persalinan caesar pada sore atau malam hari.




Alasan Banyak Ibu Melahirkan pada Dini Hari

Moms juga bisa perhatikan atau bertanya pada ibu-ibu lain yang telah melahirkan secara normal. Faktanya, banyak dari mereka yang melahirkan saat malam hingga dini hari menjelang pagi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata ada alasan di balik itu, Moms.

Menurut Peter Martin, dosen stastistik terapan di UCL yang menjadi pemimpin penelitian tersebut, ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi waktu kelahiran seorang bayi, seperti saat persalinan dimulai, saat induksi diberikan, termasuk juga saat operasi caesar yang sudah direncanakan sebelumnya. Hasilnya, para peneliti menyimpulkan teori bahwa alasan lebih banyak ibu melahirkan di malam hari hingga dini hari sebenarnya adalah karena evolusi manusia.

"Orang-orang pada zaman dahulu hidup dalam kelompok-kelompok. Mereka aktif dan tersebar di siang hari. Lalu, mereka berkumpul dan istirahat di malam hari. Jadi, kemungkinan besar kelahiran terjadi di malam hari agar ibu dan bayi yang lahir mendapatkan perlindungan," kata Martin seperti dilansir BBC.

Memang, saat Moms mengalami proses pembukaan di malam hari, keluarga Anda akan lebih siaga untuk menemani dan menjaga Anda. Ini tentu saja akan bisa membantu Moms merasa lebih tenang dan nyaman menghadapi proses persalinan dan melahirkan bayi. Agar persiapan Anda lebih matang, Siapkan semuanya lebih awal, termasuk tas berisi barang-barang keperluan Moms dan buah hati yang lahir nanti, ya. (M&B/SW/Dok. Freepic)



Tags: bayi,   waktu lahir,   kelahiran