Mother&Baby Indonesia
12 Resep Masker Wajah Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

12 Resep Masker Wajah Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

Selama Anda mengandung, beberapa masalah kulit memang sering terjadi ya, Moms. Ada yang merasa kulitnya menjadi lebih kering, lebih berminyak, lebih sensitif, atau bahkan lebih berjerawat. Masalahnya, Moms yang sedang mengandung tidak boleh sembarangan mengatasi keluhan kulit tersebut, karena penggunaan obat-obatan kulit dikhawatirkan mengganggu kesehatan janin Anda.

Untuk itu, diperlukan penanganan alami untuk merawat kulit wajah saat hamil. Salah satu cara tepat dan alami yang bisa Moms coba adalah menggunakan masker buatan sendiri yang terbuat dari bahan-bahan alami. Mau tahu caranya? Read on!




Untuk Kulit Berjerawat


1. Oat + Yoghurt

Campurkan oat dan yoghurt hingga agak kental, oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit, bilas bersih. Kombinasi ini mengangkat sel kulit mati dari wajah Anda, membuatnya halus, juga mencegah dan menghilangkan jerawat.

2. Madu

Ya, cukup satu bahan untuk mengatasi wajah berjerawat. Cuci bersih wajah Anda dengan air suam-suam kuku (agar pori-pori wajah terbuka), kemudian oleskan madu dengan merata. Setelah didiamkan selama 30 menit, cuci bersih, dan kompres kembali wajah Anda dengan air dingin.

3. Ketimun + Oatmeal + Yoghurt

Masukkan 1 ketimun kecil dan 1 cup oatmeal ke dalam blender, campur hingga teksturnya mirip pasta. Kemudian campurkan dengan 1 sendok teh yoghurt. Oleskan di wajah selama 30 menit, cuci bersih. Mudah, jerawat pun hilang!

4. Telur + Lemon

Peras setengah lemon, campur air lemon dengan 1 putih telur yang sudah dikocok. Oleskan ke wajah dan diamkan sepanjang malam. Di pagi hari, bersihkan wajah Anda dengan air hangat.


Untuk Kulit Kering


5. Alpukat + Minyak Zaitun + Madu

Hancurkan 1 buah alpukat, campur dengan 1 sendok teh minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu. Campur rata, oleskan ke wajah, diamkan 15-20 menit, cuci wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

6. Pisang + Madu + Oat



Haluskan 1 buah pisang, campur dengan 1 sendok makan madu, dan 4 sendok makan oat. Jika masker terlalu kental, encerkan dengan susu UHT tawar. Oleskan di wajah, diamkan selama 15-20 menit, cuci bersih.

7. Pepaya + Madu + Susu

Buah pepaya kaya akan vitamin dan aktioksidan, tepat untuk merawat kulit kering bumil. Campurkan setengah buah pepaya yang sudah dibuat puree, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok teh susu. Oleskan di wajah, diamkan 20 menit, cuci bersih.

8. Dark Chocolate + Garam + Susu

Lelehkan dark chocolate, campur dengan sedikit garam dan susu hingga teksturnya nyaman untuk kulit wajah Anda. Oles merata ke wajar dan diamkan selama 30 menit.


Untuk Kulit Berminyak


9. Cuka Apel

Celup kapas ke cuka apel murni, oleskan merata ke wajah, diamkan 15 menit, cuci bersih. Ini juga tepat untuk digunakan pada kulit berminyak sekaligus berjerawat.

10. Madu + Brown Sugar

Campurkan madu dan brown sugar dalam satu wadah, aduk hingga teksturnya agar kental. Oleskan di wajah, diamkan 15-20 menit, cuci bersih.

11. Lidah Buaya + Madu

Masker ini juga bagus untuk kulit yang terbakar. Hancurkan lidah buaya hingga lembut, campurkan sedikit madu, aduk rata, dan oleskan ke wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, dan cuci bersih wajah Anda.

12. Putih Telur + Mint

Aneh, tapi efektif! Aduk rata daun mint yang sudah dicacah halus dengan 1 putih telur hingga sedikit mengembang. Oleskan ke wajah, diamkan selama 30 menit, cuci bersih dengan air suam-suam kuku. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   masker wajah,   kecantikan,   kulit wajah








Cover Maret 2020