Mother&Baby Indonesia
Begini Cara Tepat Mengonsumsi Salad untuk Ibu Hamil

Begini Cara Tepat Mengonsumsi Salad untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Moms tentu akan disarankan untuk memenuhi nutrisi harian buat Anda dan janin. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi guna menjaga kesehatan kehamilan Anda dan tumbuh kembang janin yang optimal.

Sayur dan buah tentunya menjadi menu utama yang perlu dikonsumsi guna memenuhi nutrisi harian Anda. Bukan begitu, Moms? Ya, sayur dan buah segar memang menyehatkan. Bagi Moms yang menyukainya, Anda bisa mengombinasikan keduanya menjadi hidangan salad.

Walaupun begitu, Moms tetap harus memerhatikan cara pengolahan yang tepat buat salad yang hendak Anda konsumsi, karena makanan mentah merupakan salah satu pantangan buat ibu hamil. Mengapa? Karena makanan mentah bisa saja mengandung bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi sehingga berakibat pada kehamilan Anda dan mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan.



Untuk itu, pastikan Anda mengetahui dengan benar cara mengolah salad sebelum Anda memakannya ya, Moms. 


Cara Tepat Mengonsumsi Salad untuk Ibu Hamil

Berikut ini cara tepat mengonsumsi salad untuk ibu hamil.

1. Cuci Bersih

Salad berisi sayuran atau buah memang mengandung banyak vitamin yang pastinya sangat bermanfaat untuk menunjang kehamilan Anda. Namun, pastikan Anda mencuci sayur dan buah segar dengan bersih terlebih dulu sebelum Anda buat menjadi salad. Cara mencucinya pun harus di bawah air yang mengalir. Hindari mencuci sayur dan buah dengan sabun atau detergen. Food and Drug Administration, AS, melarang penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai untuk makanan. Pastikan juga tangan Anda sudah bersih sebelum mencuci sayur dan buah ya, Moms.

2. Pemakaian Salad Dressing



Mengonsumsi salad memang lebih nikmat dengan salad dressing ya, Moms. Namun, Anda mesti perhatikan salad dressing yang akan dipakai. Hindari salad dressing yang mengandung telur mentah, karena tentunya bukan pilihan yang aman bagi bumil. Untuk lebih aman, Moms bisa membuat sendiri salad dressing dengan bahan-bahan yang lebih higienis.

3. Sayuran dan Buah

Untuk sayuran buat salad, pilihlah yang memiliki nutrisi tinggi, misalnya selada cos atau romaine, bayam, kale, dan arugula. Jika Moms memakai sayuran dalam kemasan, walapun kadang telah dicuci sebelum dikemas, ada baiknya jika Anda mencucinya kembali untuk memastikan tidak ada bakteri yang masih menempel. Sedangkan untuk buah-buahan, semua jenis buah aman untuk dikonsumsi, selama tidak berlebihan dan dicuci terlebih dahulu dengan air bersih.

4. Telur atau Daging

Pemberian telur atau daging dalam sajian salad akan menambah asupan nutrisi dan gizi buat tubuh Anda. Tapi, pastikan telur atau daging tersebut harus sudah dalam kondisi matang sempurna. Hindari menambahkan telur maupun daging mentah atau setengah matang, karena berisiko mengandung bakteri yang bisa menyebabkan masalah pada kehamilan Anda. Hindari juga mengonsumsi daging olahan atau daging beku tanpa diolah terlebih dahulu.

Salad memang makanan sehat dan bermanfaat buat bumil. Namun jika setelah mengonsumsinya Anda merasa tidak enak badan, mual, muntah, ataupun diare, segera periksakan diri Anda ke dokter, karena bisa jadi itu merupakan gejala keracunan makanan. Semakin cepat gangguan tersebut ditangani, semakin besar kemungkinan Anda terhindar dari masalah kesehatan yang bukan tidak mungkin akan membahayakan kondisi kehamilan dan janin Anda, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   sayur,   buah,   salad,   makanan ibu hamil