Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Asin? Ini Jawabannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Asin? Ini Jawabannya

Selama masa kehamilan, Moms perlu menjaga pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Karena menu yang Anda pilih bisa memengaruhi kesehatan tubuh Anda serta janin dalam rahim. Lalu, bagaiman jika ibu hamil mengonsumsi telur asin?

Lauk yang diolah dari telur bebek satu ini memang menjadi favorit, karena rasanya yang gurih dan enak. Nilai gizinya pun relatif tinggi, karena kaya lemak dan protein baik untuk tubuh. Mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor dan gizi lainnya juga terkandung di dalamnya.

Apabila Anda mengonsumsi telur asin dengan jumlah tepat sesuai dengan kebutuhan, maka nutrisi Anda bisa tetap seimbang. Namun, apabila telur asin dimakan secara berlebihan, hal ini justru bisa menimbulkan rasa haus berlebihan hingga terjadi edema.



Edema sendiri adalah pembengkakan di beberapa area tubuh, seperti lengan atau pergelangan kaki. Yang lebih parah, terlalu banyak mengonsumsi telur asin bisa meningkatkan tekanan darah. Maka, Moms harus memerhatikan jumlah. Untuk konsumsi telur asin yang dianjurkan adalah hanya setengah telur asin per satu hari, Moms.


Manfaat Telur Asin

Jadi, jawabannya ibu hamil boleh makan telur asin, kok. Yang penting, Anda memerhatikan jumlahnya, sesuai kebutuhan nutrisi tubuh dan janin. Bahkan, mengonsumsi telur asin bisa memberikan beragam manfaat untuk Moms juga, lho! Berikut di antaranya:



• Vitamin A dalam telur asin dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Pertumbuhan visual janin juga terjaga, sehingga janin bisa berkembang dengan baik dan sempurna dalam rahim.

• Kesehatan kulit Moms bisa terjaga, di mana kulit jadi lebih lembap. Kemungkinan adanya stretch mark juga berkurang karena telur asin juga mengandung vitamin E di dalamnya.

• Telur asin memiliki asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak serta sumsum tulang belakang janin. Hal ini dapat membuat bayi nantinya lahir dengan tingkat kecerdasan yang baik. Makan telur asin juga mencegah adanya kecacatan pada janin.

• Kandungan kalsium memang sangat baik untuk kesehatan tulang ibu hamil, bahkan bisa juga mencegah osteoporosis. Anda bisa mendapatkannya dari telur asin, yang juga akan membantu pembentukan tulang serta gigi janin. (Vonia Lucky/SW/Dok. Pixabay)



Tags: hamil,   ibu hamil,   kehamilan,   telur asin,   makanan ibu hamil