Mother&Baby Indonesia
Ini 5 Masalah Payudara yang Dialami oleh Ibu Hamil

Ini 5 Masalah Payudara yang Dialami oleh Ibu Hamil

Masa kehamilan memang bisa menimbulkan perubahan pada tubuh Moms. Mulai dari timbulnya morning sickness, hingga area payudara akibat meningkatnya hormon estrogen dan progesteron. Hal ini terjadi karena payudara Anda mempersiapkan dirinya untuk bisa menyusui setelah melahirkan.

Untuk mengatasinya, Moms bisa mengganti bra tanpa kawat dan melakukan beberapa perawatan agar payudara Anda tetap dalam kondisi sehat dan nyaman. Namun agar tak membuat Anda penasaran, ketahui beberapa masalah yang terjadi pada ibu hamil berikut ini, Moms.




Timbul Nyeri di Awal Kehamilan

Di trimester pertama, payudara akan terasa nyeri dan sakit. Kondisi ini bisa berlangsung selama beberapa bulan atau sepanjang kehamilan hingga trimester terakhir. Hal tersebut terjadi karena hormon progesteron meningkat serta saluran susu yang mengalami pertumbuhan dan meregang untuk persiapan menyusui nantinya.


Tidak Nyaman pada Puting

Sekitar 1 minggu setelah pembuahan, puting Anda akan mengalami perubahan. Yang paling umum terlihat adalah puting menghitam dan menjadi lebih besar, terutama pada usia kehamilan 1 bulan. Puting pun akan terasa lebih sensitif, hingga timbul rasa sakit ketika disentuh. Namun, tidak perlu khawatir, Moms. Kondisi ini akan hilang perlahan ketika masuk fase menyusui.




Payudara Membesar dan Padat

Ketika hamil, Anda pasti merasakan payudara lebih besar dan sangat padat. Hal tersebut dipengaruhi hormon yang bekerja untuk memproduksi ASI nantinya. Selain itu, akan timbul rasa gatal serta lebih sensitif dan geli saat disentuh. Kondisi ini akan terjadi umumnya di usia kehamilan enam bulan.


Muncul Pembuluh Darah di Payudara

Volume darah ibu hamil akan meningkat 20 hingga 40 persen saat hamil. Situasi ini akan membuat pembuluh darah Anda lebih timbul dan tampak di area bawah kulit payudara. Pembuluh darah ini akan mengembang dan terlihat selama masa kehamilan. Tenang! Kondisi ini akan segera hilang pasca melahirkan kok, Moms.


ASI Merembes

Moms mungkin sudah merasa ada cairan yang keluar dari payudara saat hamil. Ini normal terjadi, khususnya di usia kandungan 16 minggu, karena cairan tersebut adalah ASI atau air susu ibu. Kondisi ini merupakan tanda ASI awal yang disebut kolostrum sudah siap keluar. Untuk mengatasinya, gunakan breast pad agar cairan tak membasahi pakaian Anda. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   payudara