Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Ingin Mi Instan, Ini Cara Baik Mengolahnya

Ibu Hamil Ingin Mi Instan, Ini Cara Baik Mengolahnya

Mi instan jadi makanan kegemaran sejuta umat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Rasanya yang gurih dan nikmat serta cara mengolahnya yang mudah dan cepat, merupakan sejumlah alasan mi instan disukai banyak orang.

Moms mungkin termasuk salah satu yang menggemari mi instan dan kerap mengonsumsinya. Namun jika Anda tengah hamil, bolehkah masih mengonsumsi mi instan? Nah, ini bisa jadi pertanyaan yang juga sering diajukan oleh para ibu hamil.

Memang, selama masa kehamilan, Anda harus selalu memerhatikan asupan nutrisi. Namun, kadang muncul godaan kuat, sering juga disebut dengan istilah ngidam, yang membuat Anda tak kuat menahan kelezatan mi instan.




Bolehkah Bumil Makan Mi Instan?

Pada dasarnya, saat Moms hamil, apa yang Anda konsumsi akan memiliki pengaruh langsung terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Karena itu sebaiknya bumil memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Salah konsumsi makanan atau kekurangan nutrisi selama masa kehamilan tentunya akan berdampak pada perkembangan janin Anda.

Menurut dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes, boleh saja jika bumil ingin makan mi instan, namun dengan catatan mi instan tersebut bukan menggantikan makanan utama, misalnya menggantikan sarapan, makan siang, atau makan malam.

Alasannya, nutrisi yang terkandung dalam mi instan umumnya sangat kurang. Kandungan protein, mineral, vitamin, dan serat sangat sedikit atau minim dalam mi instan. Padahal, nutrisi tersebut sangat penting perannya selama masa kehamilan guna mendukung kesehatan bumil dan janin.

Mi instan justru mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga jika bumil mengonsumsinya, maka akan mengakibatkan lonjakan gula darah dalam tubuh dengan cepat, sebaliknya butuh waktu lama untuk dicerna, sehingga sistem pencernaan Anda akan bekerja keras dan hal ini malahan membuat Anda cepat lapar.



Selain itu, dr. Dara juga mengatakan bahwa mi instan tinggi kandungan garam dan MSG-nya. Nah, ini bisa menimbulkan dampak negatif seperti risiko tekanan darah tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan kehamilan Anda.


Cara Lebih Baik Menikmati Mi Instan untuk Ibu Hamil

Jika Moms tetap ingin menikmati mi instan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolahnya, sehingga tidak akan menimbulkan risiko pada Anda. Nah, Anda bisa terapkan tips berikut ini, Moms.

1. Kurangi jumlah bumbu yang dipakai. Moms sebaiknya hanya gunakan setengah bungkus bumbu untuk mengurangi asupan garam yang tinggi.

2. Tambahkan bahan makanan lain, misalnya telur, potongan daging, atau potongan ayam. Sertakan juga sayuran di dalamnya seperti sawi, pak choy, tomat, atau wortel agar Anda bisa memperoleh gizi dan nutrisi yang dibutuhkan. Pastikan juga semuanya dicuci dengan bersih dan diolah hingga matang sempurna ya, Moms.

3. Hindari makan mi instan terlalu sering. Batasi jumlah konsumsi mi instan dan pilih menu makanan lainnya, misalnya sup yang bisa menyegarkan Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   ibu hamil,   kehamilan,   mi instan








Cover Januari - Februari 2020