Mother&Baby Indonesia
Kapan Waktunya Berhubungan Seks Setelah Melahirkan?

Kapan Waktunya Berhubungan Seks Setelah Melahirkan?

Takut sakit, khawatir pendarahan, ada banyak alasan yang membuat ibu yang baru saja melahirkan menolak untuk berhubungan seks dengan pasangan. Lantas kapan sebenarnya waktu yang paling ideal untuk kembali melakukan hubungan intim bagi Moms setelah melalui proses persalinan?

Sesungguhnya, wajar apabila Moms merasa khawatir untuk melakukan aktivitas seks setelah melahirkan. Selain masih ada rasa takut, tak sedikit ibu yang kehilangan gairah sehabis proses persalinan.

Penyebabnya bisa beraneka ragam, mulai dari ketakutan akan rasa sakit bekas luka persalinan, kelelahan fisik, kurang tidur karena merawat bayi, hingga tuntutan menjadi seorang ibu. Khusus ibu menyusui, hormon prolaktin yang bekerja memproduksi air susu ibu alias ASI juga dapat mengurangi keinginan untuk berhubungan intim dengan pasangan.


Kapan Berhubungan Seks Lagi?

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah setelah masa nifas atau usai pendarahan pasca-melahirkan karena luka yang tersisa pada rahim membutuhkan waktu untuk pemulihan. Biasanya, masa nifas memakan waktu 4-6 pekan. Satu hal yang pasti, jangan berhubungan seks hingga nifas benar-benar berhenti karena jika dipaksakan dapat menimbulkan infeksi.

Perlu diketahui, setiap perempuan memiliki kesiapan yang berbeda untuk bisa kembali berhubungan seks setelah melahirkan. Tidak ada waktu yang pasti untuk memulai hubungan seks karena hal tersebut berkaitan dengan kesiapan fisik serta emosional. Beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan adalah metode persalinan serta kembali stabilnya hormon Moms setelah persalinan.

1. Setelah Persalinan Normal

Kebanyakan wanita yang baru melahirkan secara normal, disarankan untuk menunda berhubungan intim hingga enam pekan setelah persalinan. Hubungan seks bisa dilakukan setelah melakukan pasca-pemeriksaan persalinan dan sudah mendapat lampu hijau dari dokter atau bidan untuk melakukannya.

2. Setelah Caesar, Episiotomi, atau Prosedur Lainnya

Apabila Moms menjalani persalinan melalui pembedahan caesar, episiotomi, atau prosedur lainnya, waktu penyembuhan luka akan bergantung kepada seberapa luas dan posisi dari luka bedah. Sebagian ibu yang mengalami prosedur semacam ini masih bisa merasakan nyeri dan tidak nyaman saat berhubungan seks selama enam minggu.

3. Bila Hormon Belum Stabil

Kesiapan untuk melakukan hubungan intim tidak terbatas kepada waktu penyembuhan luka, melainkan ada pula faktor lain, seperti hormon. Setelah melahirkan, kondisi hormon wanita belum kembali normal hingga menstruasi. Sementara itu, darah haid baru mungkin baru akan keluar setelah 4-12 minggu setelah persalinan. Pada Moms yang menyusui bayi secara eksklusif, menstruasi mungkin datang lebih lama dari waktu tersebut.


Tips Lancar Berhubungan Seks 

Jika Anda ingin hubungan seks berjalan lancar, pastikan terlebih dahulu kedua pihak siap melakukannya. Sambil menunggu proses pemulihan, Moms juga bisa mempraktekkan senam kegel guna melatih otot-otot dasar panggul serta vagina. Jangan lupa, Anda juga perlu mengonsumsi makanan bergizi baik guna mencukup nutrisi yang hilang setelah mengurus bayi seharian. Selain itu, Moms dan Dads juga perlu memerhatikan hal-hal berikut ini.

1. Seks untuk Tidur Berkualitas

Tidur dan seks sama pentingnya, tapi keduanya bisa berjalan berlawanan. Anda bisa saja terlelap tidur tanpa berhubungan seks. Di sisi lain, Moms akan sulit berhubungan seks saat merasa kurang tidur. Guna mengakalinya, Moms dan pasangan bisa menjadikan seks sebagai jalan agar bisa tidur dengan pulas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang melakukan hubungan seks secara teratur akan lebih mudah mendapatkan sesi tidur berkualitas ketimbang mereka yang tidak melakukannya.

2. Menerima Perubahan Bentuk Tubuh

Kebanyakan ibu mengalami perubahan tubuh yang cukup signifikan setelah melahirkan. Tak perlu malu melihatnya. Moms, harus menerima kondisi tubuh yang baru. Bisa jadi, Anda justru terlihat semakin seksi dengan payudara yang lebih berisi.

3. Orgasme Tidak Selalu Harus Penetrasi

Bila penetrasi belum memungkinkan untuk dilakukan, masih ada banyak cara untuk menikmati kehidupan seks. Cobalah untuk berpelukan dan lanjutkan dengan ciuman agar Moms terbiasa lagi merasakan sentuhan intim suami. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: suami istri,   seks dan pernikahan,   berhubungan seks








Related Article