Mother&Baby Indonesia
Balita Suka Makan Pedas, Bahayakah?

Balita Suka Makan Pedas, Bahayakah?

Drama nafsu makan balita memang sering membuat orang tua khawatir. Ada saja trik kreatif yang harus ditempuh orang tua agar anaknya mau makan. Namun, bagaimana jika balita Anda lebih berselera makan jika Anda menyajikan makanan pedas? Ya, ada saja lho, balita yang suka makan pedas.

Kalau sudah begini, orang tua pasti mengalami dilema. Di satu sisi, Anda pasti senang karena Si Kecil mau makan banyak tanpa drama! Namun di lain sisi, selera pedas Si Kecil juga membuat Anda khawatir. Kemudian muncul berbagai pertanyaan di benak Anda: Boleh nggak ya balita makan pedas? Kapan sih anak boleh makan pedas? Dan berbagai pertanyaan lainnya.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, simak info penting mengenai balita hobi makan pedas yuk, Moms.




Bolehkah Makanan Berbumbu Pekat?

Sama seperti orang dewasa, bayi dan balita juga ingin menikmati makanan yang enak dan penuh cita rasa. Untuk itu, Moms bisa memberikan makanan berbumbu ringan sejak usianya 6 bulan, seperti bumbu dapur kayu manis dan pala. Namun ingat, jangan berikan gula dan garam jika anak Anda belum berusia 1 tahun ya, Moms.

Bumbu dapur pun terbagi menjadi dua jenis, yaitu bumbu yang penuh aroma dan yang pedas seperti cabai dan lada. Nah, kalau anak Anda masih bayi, sebaiknya hanya berikan bumbu yang ringan saja. Sedangkan untuk makanan berbumbu pedas sebaiknya diberikan ketika anak sudah 18 bulan ke atas.

Umumnya lidah anak di usia itu masih sangat sensitif, sehingga mungkin ia tidak kuat pedas. Namun jika Moms sudah sering mengonsumsi makanan pedas sejak hamil dan menyusui, bisa saja Si Kecil menikmati makanan yang agak pedas.


Kapan Boleh Makan Pedas?

Jika sejak hamil Anda sering makan pedas, maka jangan kaget kalau anak Anda pun makan lebih lahap jika diberikan makanan yang sedikit pedas. Namun menurut Baby Center, sebaiknya Anda tunggu hingga usia anak lebih dari 1 tahun (12 bulan) untuk mengenalkan makanan pedas, kaya rempah, dan cita rasanya sangat kuat.




Pertimbangkan Ini!

Anak suka makan pedas? Sebenarnya boleh-boleh saja sih, Moms, namun tetap pertimbangkan beberapa hal berikut ini ya, Moms.

• Bayi di bawah 1 tahun masih terbiasa makan makanan dasar tanpa tambahan rasa, maka lidahnya masih sangat sensitif dengan makanan pedas atau kaya bumbu. 

• Pikirkan reaksi bayi Anda pada makanan-makanan baru. Jika ia cukup sensitif, sebaiknya tunda pemberian makanan pedas atau berbumbu pekat hingga usia 18 bulan.

• Makanan pedas memang jarang menimbulkan reaksi alergi, namun ia juga bisa mengiritasi sistem pencernaan anak dan menyebabkan gastroesophageal reflux.

• Saat mengenalkan makanan pedas, berikan sedikit demi sedikit saja. Hentikan pemberian makanan pedas atau berbumbu pekat jika tubuh anak terlihat bermasalah.

• Walau anak suka makan pedas, namun jangan biarkan ia mengonsumsinya setiap hari ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: pedas,   cabai,   appetite,   balita,   makanan,   anak








Related Article