Mother&Baby Indonesia
Dampak Positif Ibu Bekerja untuk Dirinya dan Anak

Dampak Positif Ibu Bekerja untuk Dirinya dan Anak

Kadang untuk memenuhi tuntutan hidup, Moms pun harus mencari nafkah. Bekerja di luar rumah dengan meninggakan anak-anak, pastinya akan membuat Moms merasa bersalah. Tetapi, jangan sampai semangat Moms menjadi lemah.

Menurut Chief Consultant Assessment Division di Experd Consultant, Gloria Dewi C. Pangaribuan, ada banyak kelebihan dan kontribusi positif yang didapat ibu bekerja untuk keluarganya. “Ibu bekerja juga dapat menjadi contoh bagi ibu-ibu lain bahwa mereka juga bisa menjadi lebih bermanfaat untuk keluarga dan nusa bangsa,” tambah Gloria. Agar Moms lebih semangat bekerja, berikut beberapa manfaat positif seorang ibu bekerja, baik bagi dirinya sendiri maupun keluarga, terutama Si Kecil.




Manfaat Positif Untuk Diri Sendiri

Mandiri secara finansial. Pendapatan yang dihasilkan dari seorang ibu bekerja bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Networking lebih luas. Bertemu dengan banyak orang akan membuat Moms lebih luwes dalam berkomunikasi dan percaya diri. Moms juga lebih update dengan informasi terbaru.

Mengembangkan potensi diri. Saat bekerja, Moms punya kesempatan untuk mempelajari hal teknis sesuai bidang yang ditekuni dan kemampuan soft skill.

Meningkatkan skill multitasking. Ibu bekerja terbiasa mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu. Hal ini akan membuat Moms lebih tangguh dalam kondisi serba cepat dengan hasil kerja yang maksimal. Mindset Moms juga akan lebih terkonsep dalam menangani berbagai tugas.

Menjaga penampilan. Moms akan terbiasa untuk tampil rapi dan menarik seperti tuntutan saat bekerja agar tampil lebih profesional sesuai profesinya.




Manfaat Positif Bagi Anak

Tampil lebih mandiri. Anak tidak bergantung lagi pada Moms sehingga mereka cenderung untuk lebih mandiri, bertanggung jawab pada diri sendiri, termasuk mengatur waktu belajar, bermain, dan beristirahat.

Role model. Melihat dan merasakan etos kerja keras orang tuanya, akan menjadi contoh dan bekal anak di saat ia dewasa nanti.

Quality time. Ibu bekerja dapat mengatur waktunya agar kualitas hubungannya dengan anggota keluarga tetap terjaga.

Tampil percaya diri. Dengan meniru sikap dan inisiatif yang ditunjukkan oleh Moms, anak-anak akan cenderung untuk tampil lebih percaya diri.

Contoh baik. Bagi anak perempuan, ia akan mengerti bahwa perempuan juga layak mengejar karier dan mengembangkan diri. Sementara anak laki-laki akan memahami bahwa tugas-tugas rumah tangga bukan tanggung jawab perempuan saja. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   karier ibu,   ibu bekerja