Mother&Baby Indonesia
Perhatikan 6 Hal Ini saat Membawa Anak ke Kantor, Moms

Perhatikan 6 Hal Ini saat Membawa Anak ke Kantor, Moms

Bagi para ibu bekerja, urusan ‘menitipkan’ anak ke orang lain tidak selamanya berjalan lancar. Ada saja kondisi yang membuat Si Kecil harus ikut Anda ke kantor, misalnya karena babysitter sedang cuti, daycare sedang libur, atau keluarga yang membantu mengasuh Si Kecil ada urusan mendadak.

Kalau sudah seperti itu, maka jalan keluar terbaik adalah membawa anak ke kantor. Namun sebelum mengajak Si Kecil ke kantor, perhatikan beberapa hal di bawah ini ya, Moms.




1. Informasikan ke Atasan

Umumnya, kondisi membawa anak ke kantor adalah kondisi mendadak, maka Anda tidak punya persiapan matang untuk mengajak ‘tamu cilik’ ini ke kantor. Untuk itu, sebaiknya Anda langsung menginformasikan atasan langsung Anda kalau Anda akan membawa anak ke kantor.

Jika ada meeting atau tugas luar kantor, ini waktunya untuk minta reschedule atau digantikan rekan kerja yang lain, karena kondisi Anda sedang tidak memungkinkan untuk meninggalkan Si Kecil sendirian. Semoga atasan Anda mengerti ya, Moms.


2. Selalu Ada untuk Anak

Satu-satunya orang yang bisa membuat anak Anda tetap tenang selama jam kerja adalah Anda sendiri. Maka, berusahalah untuk selalu ada untuk Si Kecil, tentu saja agar ia tidak rewel hanya untuk mencari perhatian Anda yang sibuk bekerja.

Jangan tinggalkan anak Anda terlalu lama, karena selain balita harus terus dipantau, besar kemungkinan ia akan rewel! Moms enggak mau kan anak tantrum di kantor?


3. Jangan Merepotkan Rekan Kerja

Ada balita di kantor? Sudah pasti para rekan kerja Anda dengan senang hati akan mengajak Si Kecil bermain atau sekadar mengajaknya ‘ngobrol’ seru. Namun jangan sampai Anda terlena dengan kondisi ini dan membiarkan rekan-rekan kerja Anda mengasuh Si Kecil ya, Moms. Ingat, jangan sampai kehadiran Si Kecil di kantor merepotkan rekan-rekan kerja Anda.




4. Bawa Hiburan

Bawa mainan dan segala hal yang bisa membuat Si Kecil senang (dan tidak rewel) sebanyak mungkin. Jika selama ini Anda sangat ketat dengan peraturan bermain gadget, sepertinya ini hari yang tepat untuk rehat sejenak dari peraturan itu ya, Moms. Tak dapat dipungkiri, membiarkan anak asyik menonton YouTube di iPad lebih baik dari membayangkan anak rewel dan tantrum di kantor.


5. ‘Mempekerjakan’ Anak

Jika ide menonton iPad seharian bukan gaya Anda, maka Anda harus ekstra kreatif untuk membuat anak sibuk selama menghabiskan jam kerja di kantor Moms. Beri anak aneka tugas yang menjaganya tetap sibuk, mungkin dengan mewarnai, menggambar, atau membantu Anda menumpuk kertas.


6. Jaga Bergantian

Jika pekerjaan Anda di kantor sedang menggunung, maka bicarakan dengan suami untuk menjaga Si Kecil bergantian. Jika memungkinkan, ajak Si Kecil ke kantor suami Anda sampai jam makan siang, kemudian jemput Si Kecil dan ajak ia ke kantor Anda hingga jam pulang kerja. Aturlah waktu sebaik mungkin bersama suami Anda, dan temukan solusi terbaiknya.

Walau awalnya mungkin terasa berat, namun percayalah, Anda pasti bisa melalui semua ini, Moms! (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu bekerja,   anak,   balita,   membawa anak ke kantor